Apa pekerjaan yang paling kamu inginkan?

April 14, 2008 at 2:49 pm | Posted in Curhat | 11 Comments
Tags: , , , ,

Supaya postingan aku sebelumnya mengenai pekerjaan yang paling tidak kamu inginkan berimbang, maka di sini aku menulis tentang apa-apa saja pekerjaan yang paling kamu inginkan.

Setiap orang pasti punya pengertian yang berbeda-beda tentang pekerjaan impian. Tapi kalo dari aku, pekerjaan impian itu adalah pekerjaan yang kita tahu bahwa kita mempunyai skill untuk melakukan pekerjaan itu, sehingga kita merasa ‘comfort’ dan punya ‘passion’ di dalamnya. Atau belum mempunyai skill juga gak apa-apa, asal ada kemauan kuat aja buat melakukan suatu pekerjaan. Aku sih lebih baik untuk digaji ‘underpaid’ tetapi kita sangat menikmati pekerjaan itu, daripada digaji ‘overpaid’ tapi kita merasa amat tersiksa untuk melakukan pekerjaan itu. Ujung-ujungnya pasti kita berhenti juga dari pekerjaan itu, cepat atau lambat.

So, ini dia pekerjaan yang aku inginkan setelah aku lulus nanti:

1. IT Professional
Kalau yang ini sudah sesuai dengan bidang yang aku jalani saat ini. Aku kuliah di Politeknik Informatika, ya otomatis lulusannya diharapkan jadi seseorang yang bergelut di dunia informatika dong. Tapi IT professional kan banyak tuh, nah aku sih lebih condong untuk menjadi Network administrator/engineer di suatu perusahaan/instansi, soalnya di tingkat tiga ini aku ngambil jurusan Teknologi Jaringan Komputer. Aku sih merasa seru aja kalo bermain-main dengan jaringan, server, linux, router, dll. Soalnya banyak yang bisa diutak-atik di sana, dan membutuhkan eksplorasi untuk mencoba hal-hal baru, sesuatu yang aku suka he..he..
Aku tau juga sih kalo fresh graduate itu jarang yang langsung ditunjuk jadi admin jaringan, ya biasanya sih untuk tahun-tahun pertama jadi Technical Support/Helpdesk. Tapi beda kalau kamu punya sertifikasi yang dikhususkan untuk jaringan komputer, contohnya seperti CCNA. Makanya aku pengen banget dapat sertifikasi CCNA secepatnya begitu lulus dari kampusku, mudah-mudahan terkabul. Kan di tingkat 3 ini kami belajar Internetworking tuh, yaitu routing pakai Cisco dan dosen juga banyak memberikan source mengenai contoh soal yang biasa dipakai waktu ujian buat mendapatkan CCNA atau materi-materi yang asalnya dari Cisco langsung. Maklum, beliau sudah pernah mendapatkan sertifikasi CCNA sebelumnya. Jadi, aku gak perlu repot-repot ikut kelas belajar CCNA-nya, langsung ngambil ujiannya aja, supaya lebih hemat dikit gitu pengeluarannya 🙂 . Terus, apa mentok cuma jadi network administrator aja? Gak lah, pokoknya kalo ada hubungannya dengan IT aku juga senang (mis: programmer). IT is my life……

2. Enterpreneur
Enterpreneur itu apa ya? Enterpreneur itu seorang pengusaha, atau bisa juga disebut wiraswastawan. Tapi untuk lebih spesifiknya bisa disebut sebagai technopreneur, yaitu pengusaha yang bermain di bidang teknologi, khususnya IT.
Yap, menjadi seorang pengusaha juga merupakan planning aku untuk masa depan. Masak sih kita mau jadi karyawan terus-terusan, kapan majunya? he..he.. . Tapi selama beberapa tahun menjadi karyawan suatu perusahaan itu penting juga. Selain untuk mengumpulkan modal buat buka usaha, bisa juga untuk menambah pengalaman di dunia bisnis dimana tempat kita bekerja. Kan kalo jadi karyawan, kita bisa melihat tuh, apa sih yang diinginkan oleh klien, atau apa yang jadi tren di pasar saat ini (wuiihh, udah kayak ahli ekonomi aja bahasaku he..he..). Tapi, untuk membuka suatu usaha memang harus ada basic ilmu ekonominya dulu nih, mungkin nanti perlu ngelanjut lagi belajar di universitas 🙂 . Aku terinspirasi jadi technopreneur tuh dari beberapa orang, seperti Pak Budi Rahardjo dengan Digital Beat Store-nya, atau Pak Adinoto dengan usaha jualan baterai laptopnya, dan alumi dari kampusku yang buat usaha solusi IT yaitu MedanIT. Kebetulan hari minggu kemarin, bapak menelepon dari rumah dan dia sedang membicarakan rencana untuk membuka suatu usaha (bisnis) di sana (Tangerang). Kakak, adik, dan sepupu juga diikutsertakan dalam perbincangan santai itu. Walaupun judulnya cuma perbincangan santai, tapi itu merupakan ide menarik buat aku. Mungkin karena bapak sebentar lagi akan pensiun, makanya ada rencana seperti itu. Kemudian, dengan teknologi yang semakin canggih saat ini, untuk melakukan transaksi bisnis antar kota bahkan antar negara sudah semakin mudah dan tidak membutuhkan biaya yang sangat besar karena semua bisa dilakukan melalui internet. Tuhh, kebukti kan enaknya jadi technopreneur…. 🙂

3 Blogger
Haaaa…., apa ga salah nih?! Masak nge-blog dijadikan pekerjaan? Pekerjaan idaman pula itu. Gak, itu gak salah kok. Di luar negeri kayaknya udah banyak kulihat orang bekerja sebagai full-time/professional blogger. Kalo orang Indonesia aku baru tahu satu aja, yaitu Pak Budi Putra. Dan jangan anggap remeh pekerjaan blogger ini, karena walaupun bayarannya gak tetap tapi bisa jauh melebihi gaji seorang pekerja tetap di perusahaan. Aku pernah dengar bahwa pendapatan seorang blogger bisa mencapai ribuan dollar per bulan! Darimana mereka bisa mendapatkan bayaran sebanyak itu? Ternyata dari iklan yang terpampang di situs blog mereka. Makin banyak yang mengklik iklan di blog itu dan melakukan transaksi, maka makin bertambahlah pendapatan si blogger. Makanya, mesti belajar SEO juga nih biar traffic ke blog kita tinggi, sebagai referensi bisa belajar ke Cosa Aranda, master SEO Indonesia (katanya :)). Terus, untuk membuat blog yang berkualitas bisa belajar ke Budi Putra, yang blognya secara khusus membahas tentang tutorial, tip & trik, dan informasi yang berhubungan dengan blog. Aku menulis di blog ini pun bisa dibilang belajar juga, walaupun masih newbie he..he… . Oh iya, kayaknya kalau mau jadi blogger yang sukses dengan pendapatan ribuan dollar seperti yang aku bilang di atas, menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam postingan sepertinya menjadi kewajiban, karena layanan Google AdSense lebih prefer kepada situs yang menggunakan bahasa Inggris sebagai partnernya. Banyak tuh keuntungan jadi blogger, contohnya blogger gak punya jam kerja tetap, jadi gak ada istilah telat masuk kantor karena macet dlsb. Trus, gak mesti ke kantor. Asal ada koneksi internet, blogger udah bisa kerja. Mau belum mandi kek, atau gak pakai baju pun udah bisa kerja. Nah, kalo di kantor emangnya bisa yang kayak ginian? he..he..

That’s all. Tiga pekerjaan yang paling aku inginkan sepertinya sudah cukup untukku. Kalo dilihat lagi, ada satu kesamaan di antara ketiga pekerjaan tersebut. Walaupun pekerjaannya berbeda, tapi semua masih ada hubungannya dengan IT. Memanglah, kayaknya gak bisa lepas lagi dari IT nih, hi..hi…

Bagaimana dengan kamu? Apa pekerjaan yang paling kamu inginkan?

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.