Remote Desktop Linux ke Windows (dan sebaliknya juga)

April 9, 2008 at 2:36 pm | Posted in Linux | 3 Comments

[Disclaimer: Mohon maaf apabila tutorial ini tidak disertai dengan gambar. Bukan bermaksud untuk mempersulit tetapi berhubung bandwidth internet di kampus saya tidak memungkinkan untuk mengupload gambar 😦 . Tetapi karena saya bersemangat untuk memberikan pengetahuan kepada anda (yang belum mengetahuinya tentu saja), saya tetap menulis tutorial ini 🙂 ]

Di antara kalian pasti sudah banyak (baca: semua) mengenal yang namanya aplikasi remote desktop kan? Aplikasi yang sangat berguna karena kita bisa mengendalikan komputer lain yang terhubung ke jaringan. Nah, di sini saya ingin memberikan tutorial singkat bagaimana kalau kita ingin melakukan remote desktop dari sistem operasi Linux ke Windows dan sebaliknya dari Windows ke Linux. Sistem operasi Linux yang saya pakai adalah Ubuntu 7.10 dan saya melakukan percobaan di jaringan lokal kampus saya.
Ubuntu mempunyai dua aplikasi bawaan untuk melakukan remote desktop, yang pertama adalah rdesktop. Aplikasi ini persis sama seperti remote desktop connection di sistem operasi windows. Cara menggunakannya pun mudah, anda tinggal membuka jendela terminal, kemudian ketikkan rdesktop ip-address-komputer-tujuan . Nanti window baru akan terbuka untuk meminta username dan password komputer yang di remote. Apabila anda ingin menjalankan dalam mode fullscreen, anda tinggal menambahkan parameter -f setelah command rdesktop. Kemudian apabila ingin memutus koneksi, buka jendela task manager, pilih tab menu user, kemudian pilih username dan klik tombol disconnect. Atau bisa juga dari menu start, kemudian pilih disconnect. Dengan kedua cara itu anda akan dibawa kembali ke layar linux anda 🙂 .

Cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi VNCViewer. Aplikasi ini cukup terkenal sebagai aplikasi remote desktop. Silakan download langsung dari situsnya. Setelah anda install, jalankan servicenya melalui start->RealVNC->VNC Viewer 4->Run Listening VNC Viewer.
Kemudian setting firewall, dari Control Panel pilih Windows Firewall kemudian di tab menu Exceptions klik tombol add port, dan isikan name terserah anda (mis: VNC) dan port number 5900.

Kemudian kita perlu mengkonfigurasi VNC Servernya. Dari menu start->RealVNC->VNC Server 4(Service Mode)->Configure VNC Service. Pada tab menu Authentication anda dapat memilih apakah user harus diautentikasi terlebih dahulu sebelum meremote pc anda atau tidak. Di tab connection anda sebaiknya menambahkan ip address yang anda ijinkan untuk mengakses pc anda, sebagai contoh saya mengisikan 172.0.0.0/255.0.0.0 supaya pc saya dapat diakses dari seluruh area kampus saya yang terhubung ke jaringan lokal.

Kemudian apabila anda ingin melakukan remote desktop dari Windows ke linux anda bisa memilih dari menu start->RealVNC->VNC Viewer 4->Run VNC Viewer . Di jendela yang terbuka, anda hanya tinggal memasukkan ip addres komputer yang ingin di remote dan dalam beberapa saat layar Linux akan terbentang di hadapan anda.

Untuk konfigurasi VNC Viewer di Ubuntu bisa dibuka melalui System->Preferences->Remote Desktop . Anda bisa mengkonfigurasi autentikasi dari situ.

Demikianlah tutorial singkat nan mudah ini saya paparkan. Semoga berguna bagi anda.

Salam Open Source 😀 .

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.