Beli Buku Dari Inibuku.com

February 19, 2009 at 4:25 am | Posted in book, internet, Web/Tech | 12 Comments
Tags: , , , ,

Hore. Buku yang gw pesan sampai juga di kantor. By the way, sepertinya ini menjadi transaksi e-commerce pertama gw di internet🙂 .

Kenapa beli dari inibuku.com? Jadi gini, sebenarnya gw waktu itu pengen banget nyari buku Pintu Terlarang, karena terinspirasi banget sama filmnya. Katanya sih di novelnya ini ceritanya lebih thriller dari filmnya. Ow, filmnya aja udah thriller, ternyata masih ada yang ngelebihin.

Okay, setelah googling ternyata bukunya ini terbit udah lumayan lama, dari tahun 2004 atau 2005 gitu lah. Cari punya cari, yang menjual secara online ya cuma di inibuku.com. Di tokobuku online lain kayak kutukutubuku.com atau bukukita.com gak jualan buku ini tuh. Sebelum benar-benar mutusin beli buku ini, udah gw telusurin dulu isi situsnya, seperti melihat prosedur beli buku, pembayaran, dan tarif serta ketentuan-ketentuan lain. Untung informasinya cukup lengkap.

Ada satu tips lagi nih, mungkin saja tips ini bisa kalian gunakan juga kalau mau bertransaksi online. Kalau kemarin sih cara gw untuk membuktikan suatu situs e-commerce dapat dipercaya atau tidak (dalam kasus ini situs inibuku.com), gw ketik aja di google dengan keyword, “kecewa inibuku.com”. Oww, ternyata ada juga yang kecewa dengan layanan inibuku.com walaupun banyak juga yang gak pernah ketemu masalah sama layanan inibuku.com.

Ya udah, karena gw udah pengen banget punya buku Pintu Terlarang itu, tetap aja gw pesan tuh buku. Soalnya kayaknya tuh buku langka banget. Masuk deh satu buku ke keranjang belanjaan. Abis itu liat-liat buku yang lain, eh kepikiran untuk nyari buku Rectoverso nya Dewi Lestari. Ternyata ada.  Udah lama juga pengen punya buku ini, karena gw yakin pasti bagus. Soalnya gw udah dengar albumnya dengan judul yang sama. Sumpah keren! Liriknya indah. Satu lagi buku masuk ke keranjang belanja.

Setelah proses checkout, total general untuk kedua buku itu adalah Rp 100.750. Sudah termasuk diskon buku dan ongkos kirim. Dan kita isi formulir data lengkap dan alamat pengiriman buku, setelah itu submit data dan tinggal menunggu e-mail konfirmasi dari pihak inibuku.com. Besoknya ada e-mail masuk dari inibuku.com yang ingin menkonfirmasi pemesanan kita. Ya udah, balas saja e-mailnya untuk menyatakan setuju atas pemesanan kita. Oya, sistem pembayaran buku, kalau untuk wilayah Jakarta hanya bisa dengan cara COD (Cash On Delivery). Inibuku.com tidak melayani transfer uang untuk pengiriman wilayah Jakarta.

Setelah sekitar 6 hari gak ada kabar, tiba-tiba ada e-mail masuk yang mengatakan bahwa buku Pintu Terlarang sudah tidak ada stok lagi di penerbit. Wah, bener pikir gw ternyata ini buku memang sudah langka🙂 . Sempat juga ingin membatalkan dengan membalas e-mail itu tapi akhirnya gw biarkan aja. Dibilangnya sih “Pemesanan akan dilanjutkan setelah mendapat konfirmasi dari anda”. Berarti kalo gak gw konfirmasi berarti gak dikirim dong.

2 Hari kemudian (hari ini), lagi-lagi ada e-mail masuk jam 8.30. Yang isinya “Bersama ini kami sampaikan bahwa pesanan Anda telah siap dikirimkan dan rincian yang akan dikirimkan adalah…” . Lah, gw kemarin belum konfirmasi kok tiba-tiba udah ada e-mail siap dikirimkan aja. Dan di situ ditulis kalo buku yang dikirimkan buku Rectoverso sama Pintu Terlarang. Hmm…katanya gak ada stok, kok dimasukkan ke list juga ya.

Kurang lebih 1 jam kemudian, di tengah-tengah technical meeting datang rekan kerja ngasitau kalo ada kiriman buku di meja resepsionis. Ehh, cepet banget datangnya pikir gw. Mana belum siap sedia uangnya di dompet lagi. Ya udah gw ke ATM yang untungnya tinggal turun ke lantai dasar. Setelah ambil uang dan ketemu kurirnya gw kirain buku yang dianterin cuma buku Rectoverso. Udah pengen bayar satu buku aja tuh tapi dengan cukup terkejut ternyata buku Pintu Terlarangnya juga di anterin. Untung tadi ambil uangnya dilebihin, kalo gak cape deh bolak-balik ke ATM.

Setelah urusan pembayaran selesai langsung gw masukin ke tas dan ngelanjutin technical meeting lagi. Baru deh pas pulang kantor, di rumah, gw liat lagi tuh buku. Hmm, senang dengan packingnya yang bagus dan rapih. Jadi, buku kita terima dengan kondisi sangat baik seperti beli di toko buku di mall. Packingnya sampai dua lapis.

Okey,  bagi yang tertarik untuk beli buku online, gw sih juga gak terlalu merekomendasikan beli di inibuku.com, gw juga beli karena salah satu buku memang adanya cuma di situ. Dan gw rasa ini cuma untuk pembeli serius aja. Maksudnya, dari awal memang udah disiapin uangnya. Karena, konfirmasi dari pihak inibuku.com gw rasa kurang. Jangan kaget kalo tiba-tiba buku loe udah siap dianterin aja tanpa ada konfirmasi dulu. Mau gak mau loe harus siap sedia duitnya begitu kurirnya datang.Mengenai review buku, postingan menyusul.

Pintu Terlarang & Rectoverso Packing inibuku.com

12 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. […] February 19, 2009 at 4:37 am | In Curhat, Fun, Weblogs | Tags: blog Cuma menceritakan kejadian sederhana kok rasanya bertele-tele banget ya. Panjang banget dan kelihatan boros. Yang baca udah keburu bosan […]

  2. bisa pinjem nar?🙂

  3. Kalo barter gimana? Apa buku yg kau punya?

  4. banyak bos, Complete Reference of Java 6, PHP Mnual, dll

    yang mana ko mau jom?😛

  5. kalau duit di ATM juga gak ada, bisa gak yah bilang ma kurirnya

    “mas, balik besok aja yah…soalnya sekarang ndak punya duit..”
    😉

    hehehe..

  6. @raeyans:
    wah, sorry pal. udah pernah baca buku itu semua….😀
    @joice:
    gak tau juga jo, kau coba aja sendiri….wkwkwkwkwk…..

  7. kacau tuh inibuku
    sial aku ditaroknya

    masa mesan dua mau diantar satu aja?
    ga ada pulak konfirmasi sebelumnya
    sial….

  8. eh
    pihak inibuku ternyata cariin buku yang kupesan
    trus langsung diantar
    sekarang udah ada samaku
    prosesnya hanya setengah hari
    big thanks to them😀

  9. Inibuku.com tidak melayani transfer uang untuk pengiriman wilayah Jakarta.
    ——————–
    Kalau toh transaksinya musti face to face, bukan toko online dong namanya.. itu toko offline, promosi online..

  10. ane juga baru hari ini transfer duit, pengalaman pertam juga nih.. tapi tenang kalo coba2 tuh tipugw bisa gue sebar ke semua forum2 terkenal yg gue ikutin

  11. kalo aku sih puas banget sama pelayanan inibuku.com. soalnya aku bukan orang yang mobile, cenderung stay di kantor mulu.
    *bukan marketing inibuku.com

  12. cara mengcancel barang di inibuku.com gmn y? ada yg mw saya cancel ne…
    ah saya jg ingin mencara komik tp tidak ada. di tlznya belum ada data. -_-“


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

