UAS Goes Online

June 12, 2008 at 2:51 pm | Posted in Curhat | 3 Comments
Tags: , , , ,

Sebelumnya ingin mengucapkan: “Akhirnya UAS di semester terakhir ini selesai juga. Yeaahhhh!!!”

Kemarin adalah hari terakhir UAS. Mata kuliahnya adalah INET2 (Internetworking 2), dan dibagi menjadi dua ujian yaitu ujian teori dan praktikum. Ada yang berbeda dari ujian teori kali ini. Baru kali inilah kampus ku memakai sistem online dalam mengerjakan UAS. Dulu, waktu aku tingkat 2 pernah juga sih sekali quiz menggunakan sistem online, waktu itu matakuliah JAVA. Yang kuingat dari quiz online JAVA yang dulu sih, kita langsung dapat mengetahui nilai yang kita peroleh ketika selesai mengerjakan quiz. Jadi, pas klik tombol Submit, dass! Muncul deh halaman yang ngasitau berapa soal yang kita jawab dengan benar dan nilainya. Hu-hu, bisa bikin sport jantung juga tuh😀

Nah, kemarin itu mirip-mirip dengan quiz Java kemarin. Kita ngerjain soal lewat web-based platform, dan memakai Moodle sebagai toolsnya. Oh ya, sehari sebelumnya dosen matakuliah INET2 udah ngasih semacam try-out gitu. Katanya sih biar kita terbiasa memakai Moodle ini waktu ujian besoknya. Dosen juga ngasitau kenapa dia milih ujian memakai sistem online. Katanya sih, ujian sertifikasi CCNA memang dilakukan secara online juga. Mungkin supaya kami bisa merasakan bagaimana ujian sertifikasi CCNA yang sebenarnya. Oh ya lupa ngasitau, matakuliah INET2 itu kita belajar segala sesuatu tentang internetworking dan routing menggunakan Cisco.

Materi UAS kali ini cukupsangat banyak. Karena kami harus mempelajari juga materi-materi matakuliah INET1, yaitu matakuliah di semester 1. Makanya UAS hari itu menurutku adalah UAS yang terberat di antara 3 matakuliah lainnya.

Jumlah soal ada 54 soal, semua dalam bentuk pilihan ganda dan harus dikerjakan dalam waktu 90 menit. Semua materi dari semester 1 mulai dari OSI Layer, subnetting, routing & routed protocol, VLAN, WAN, dll muncul di soal. Waduh! Berat deh pokoknya, apalagi ada soal yang jawabannya ada 2 atau 3. Kalo satu pilihan aja ada yang salah, udah jadi salah semua dan gak dapat poin. Apalagi semua soal disajikan dalam bahasa Inggris! Makanya pertama kali ngerjain, soal yang kira-kira gak aku ngerti aku lewatkan. Aku juga sampai 2 kali memeriksa jawaban, dan ada beberapa nomor yang aku kurang teliti mengerjakannya jadi jawabannya aku perbaiki.

Setelah yakin semua jawaban udah dijawab, tibalah saatnya untuk mensubmit soal. Sebenarnya masih ada waktu kira-kira 10 menit lagi sih, tapi karena udah gak tau mau ngapain lagi di dalam lab komputer, lebih baik aku keluar he-he-he.

Begitu aku klik tombol Submit All and Finish, jrenggg!!! beberapa detik kemudian langsung muncul halaman report dari Moodle. 46,83/60. Itulah nilaiku. Kalau dipersentasekan, 78,05%. Hmmmmmm……..hmmmmm….hmmm……..
Udah lumayan lah itu buatku, he-he. Walaupun katanya, kalau di ujian CCNA yang sebenarnya minimal harus mendapatkan 85% kalau ingin lulus. Wah..wah.. berarti masih gagal nih…

Intinya, seru juga nih UAS pake sistem online. Nilai bisa langsung diketahui dan dosen juga diuntungkan. Ga perlu repot-repot meriksa satu persatu lembar jawaban karena udah masuk ke dalam database secara otomatis. Salah satu bentuk e-learning juga nih.😉

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wagh…banyak berdoalah kw cuk biar hasil UAS nya bagus..😉

  2. ko keren yah😀

  3. @okta:
    amin!!!!😀

    @ yudi:
    thanx….. he..he…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: