Satu Hari Bersama 2005C (1)

June 3, 2008 at 10:58 am | Posted in Curhat | Leave a comment
Tags: , , , ,

Hari Sabtu 24 Mei 2008 adalah hari yang sangat menyenangkan untukku. Soalnya kami anak-anak kelas C angkatan 2005 mengadakan perjalanan (baca: petualangan) ke suatu tempat yang menantang, yaitu air terjun yang diberi nama Sampuran. Aku ceritakan mulai dari beberapa hari sebelumnya,,

Sebenarnya anak-anak kelas C sudah lama menginginkan supaya bisa jalan-jalan bareng ke suatu tempat, soalnya mulai dari tingkat 1 kami belum pernah merasakannya sama sekali. Kadang kami ‘iri’ dengan kelas lain (kelas A dan B) yang sudah beberapa kali jalan-jalan bareng dosen walinya masing-masing. Sampai kami berganti dosen wali pun (dosen wali pertama kami adalah Pak Johannes Sianipar, beliau digantikan oleh Pak Marojahan Sigiro karena meneruskan studi S2 ke ITB), rencana tersebut belum dapat terlaksana. Sampai akhirnya minggu yang lalu tanda-tanda rencana kami akan terwujud terlihat juga.

Hari Selasa-nya -kebetulan hari libur- kami semua anak kelas C berkumpul bersama dosen wali. Sedikit cerita tentang dosen wali kami, dia sebenarnya adalah alumni kampus kami juga, tepatnya angkatan 2001. Setelah dia lulus tahun 2004, dia (dan 3 orang lainnya) mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi S1 di ITB yang dibiayai oleh yayasan kampus kami. Setelah dia lulus di ITB tahun 2007, dia kembali ke kampus kami untuk menjadi dosen, dan kebetulan ditunjuk juga untuk menjadi dosen wali kami. Nama lengkapnya Marojahan Mula Timbul Sigiro, dan kabarnya sih dia cukup terkenal ketika di ITB dulu, he..hehh.. sekem!! Karena umur kami tidak terlalu jauh, jadi kami merasa seperti abang-adik di dalam satu kampus, masih kelihatan jiwa mahasiswanya, jadi kami gak perlu segan-segan dengan dia. Katanya sih dia lagi jomblo, nah bagi yang berminat bisa mendaftar, he..hehh…. kayak apaan aja. OK, back to topic! Hari Selasa kami ngumpul dan langsung membicarakan masalah inti. Kapan & mau kemana kita? Ada yang bilang mau ke Sibolga, mau lihat pemandangan laut. Setelah melihat-lihat tanggal, ternyata ke Sibolga tidak memungkinkan. Beberapa alasan menjadi penghalang, pertama waktu, kami tidak punya waktu lagi untuk ke Sibolga. Mahasiswa tingkat 3 saat-saat ini sedang menjalani hari-hari tersibuk di kampus, mulai dari ngerjain Tugas Akhir sampai persiapan Kerja Praktek. Kami hanya punya sisa waktu 3 minggu sebelum UAS dan berangkat Kerja Praktek. Perjalanan ke Sibolga dari kampus kami butuh waktu 5 jam, selain jauh akses jalan kesana juga kurang bagus, itu menurut penuturan salah satu teman kami yang tinggal di Sibolga. Alasan kedua, kami mahasiswa tingkat 3 tidak diperbolehkan pulang atau bermalam di luar kampus selama satu bulan terakhir ini. Hal itu adalah keputusan direktur kampus kami, Ibu Inggriani Liem. Menurut beliau supaya kami lebih banyak waktu untuk mengerjakan Tugas Akhir.
Jadinya pilihan untuk pergi ke Sibolga ditolak. Mungkin sekarang belum kesampaian, tapi mungkin ke depannya kan bisa😉. Ya udah, setelah mikir-mikir tempat mana lagi yang dituju, ada usul supaya ke Air Terjun Sampuran aja. Kebetulan letaknya tidak terlalu jauh dari kampus, sekitaran Laguboti juga dan ada teman yang sudah pernah kesana (aku juga sebenarnya sudah pernah kesana waktu tingkat 1 kemarin). Akhirnya kami setuju ke sana, dan setelah melihat-lihat tanggal ternyata waktu yang bisa dipakai hanya hari di minggu itu saja, karena minggu-minggu berikutnya tidak sempat lagi. Diputuskanlah untuk berangkat hari Sabtu, supaya kami masih bisa beristirahat besoknya. Setelah masalah waktu dan tempat selesai, kami makan snack yang sudah dibeli oleh dosen wali kami. Memang dosen wali kami yang satu ini baik sekali lah, he..hehh…. Sambil makan snack kita bicarain masalah perlengkapan, transportasi, dll. Yang menarik adalah, kami merencanakan juga untuk membakar ikan di tebing air terjun nanti, makanya kami mempersiapkan ikan yang akan dibeli dan berapa jumlahnya. Setelah semua mendapat tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, kami mengakhiri pertemuan hari itu. Dan aku sudah tidak sabar menunggu hari Sabtu datang….🙂

Hari Jumat malam, sehari sebelum keberangkatan, kami berkumpul sekali lagi untuk memastikan bahwa perlengkapan sudah dikonfirmasikan dan dapat dibawa besoknya. Kami yang rencananya menggunakan fasilitas transportasi milik kampus (Mobil Tronton yang dinamakan Truk Perkasa) ternyata dibatalkan dengan alasan bahwa BBM sedang susah dicari karena rencana pemerintah menaikkan harga BBM. Dengan itu kami harus mengumpulkan uang lagi untuk biaya ongkos dari kampus ke tempat tujuan. Sebelumnya kami telah mengumpulkan uang secara sukarela untuk membeli perlengkapan, makanan, ikan, dll. Kenapa kami bilang sukarela, karena dosen wali kami bersedia membayar sebagian besar kebutuhan jalan-jalan ini, tapi tetap kami tentukan juga sih mesti membayar minimal Rp 10.000 , kalau bayar lebih boleh. Jumlah yang ikut jalan-jalan ada 22 orang termasuk dosen wali. Selain itu kami juga membicarakan Plan B, karena beberapa hari terakhir turun hujan. Bahaya juga kalo di tengah perjalanan turun hujan, apalagi sedang berada di tengah hutan. Kami putuskan Plan B nya adalah bakar-bakar ikan di rumah salah satu teman kami yang letaknya dekat dari kampus, ditempuh jalan kaki juga bisa. Setelah semua beres, kami pulang ke asrama masing-masing dan berkumpul di Kantin pukul 07.45 seperti yang telah ditentukan sebelumnya.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: