Apa pekerjaan yang paling tidak kamu inginkan?

March 26, 2008 at 10:05 am | Posted in Uncategorized | 9 Comments
Tags:

Hmmm, kesannya seperti memilih-milih pekerjaan yah? Tapi bukankah lebih baik kita memilh pekerjaan yang kita suka dan enjoy dalam melakukannya? Tentu merasa tersiksa sekali yah kalo bekerja di bidang yang tidak kita sukai.

Aku sendiri sudah membuat list tentang 4 pekerjaan yang sangat tidak aku suka, dan aku akan berusaha mati-matian supaya tidak memilih pekerjaan itu.. (hahahhh, terlalu didramatisir banget). Perlu diketahui bahwa list disusun tidak berdasarkan peringkat, jadi pekerjaan yang kutulis di nomor satu sama hina buruknya dengan pekerjaan di list no 4🙂 .

1. PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Kenapa ya, kok pekerjaan untuk menjadi PNS seolah-olah merupakan pekerjaan terhormat dan bergengsi di masyarakat kita? Apa karena PNS digaji oleh negara? Walaupun hanya ongkang-ongkang kaki pun bisa dapat gaji. Terus, test masuk PNS kayaknya udah dimanipulasi juga, yang punya duit dan relasi dengan “orang dalam” aja yang kemungkinan besar diterima. Terus banyak banget tabiat buruk yang dilakukan oleh PNS yang sering kita lihat di berita-berita di televisi. Contohnya, apabila ada cuti bersama yang cukup panjang, libur lebaran misalnya, pasti di hari pertama masuk kerja masih ada aja pegawai yang bolos, memperpanjang jatah liburnya sendiri, walaupun menteri PAN sendiri udah ngasih peringatan apabila ada pegawai di instansi pemerintah yang mangkir kerja akan dikenakan sanksi, tetap aja dianggap sebagai angin lalu😦 .
Aku pun sebenarnya gak tau, job description seorang PNS itu apa ya? Bukan yang menjadi guru, tapi PNS yang bekerja di instansi-instansi pemerintah seperti gambar di atas. Apalagi PNS itu ada golongan-golongannya udah macam golongan darah aja🙂 . Sayang sekali ya, padahal setahuku pengeluaran terbesar APBN adalah untuk gaji PNS yang tersebar di Indonesia. Aku tahu juga sih, kalau PNS di golongan rendah itu gajinya gak seberapa, malahan mungkin sangat kurang untuk menghidupi dirinya, apalagi yang udah berkeluarga. Kenapa itu ya? Apakah sudah habis digerogoti sama pegawai yang ada di golongan atasnya kali ya? Jadi solusinya gimana dong? Ahh, jadi bingung pun aku…..🙂
2. Politikus
Apa itu politikus? Poli = banyak, Tikus? Ya tikus lah🙂. Jadi politikus itu banyak tikus? He..he…
Aku udah capek dan mungkin udah biasa mendengar di televisi atau di surat kabar banyak pejabat dan anggota dewan di sana yang sepertinya tidak melakukan pekerjaannya dengan benar. Mereka yang seharusnya memperhatikan rakyat malah mencuekkinnya, gak mau tau, tutup kuping, mata, mulut, dan mungkin hidung juga kali🙂 . Seolah-olah mereka lupa kalau yang menjadikan mereka bisa duduk di sana tuh ya rakyat juga…..
Mereka sering berdebat, tapi yang diperdebatkan tuh kadang banyak yang gak jelas. Debat kusir istilahnya. Bukannya mencari solusi atas suatu persoalan, mereka malah mencari-cari masalah baru, ya jadinya gak selesai-selesai deh. Mereka sering ke luar negeri dengan alasan studi banding, tapi apa yang mereka bawa? Selain tas-tas pakaian/aksesoris dari merek-merek terkenal? Gaji mereka amat berlebih, belum termasuk fasilitas istimewa yang mereka dapatkan, tapi mereka selalu meminta lagi kenaikan gaji. Katanya sih untuk meningkatkan produktivitas. Produktivitas apanya? Sering kan kita liat di tv/koran ketika ada sidang banyak kursi-kursi kosong dan bahkan ada yang menyempatkan diri untuk tidur atau sekedar baca-baca koran. Hmmmmfff, cape deh ngomonginnya🙂 . Eh iya, yang termasuk politikus itu siapa-siapa aja ya? Menurutku sih orang yang menjadi anggota suatu partai tertentu dapat dikatakan seorang politikus juga. Selain anggota DPR, DPRD, Gubernur, Bupati, Camat, sampai Lurah juga masuk kayaknya.
3. Member Suatu MLM
Kalo yang ini sih karena, aku lucu aja ngeliatnya😀 . Kita diiming-imingi bisa mendapatkan pendapatan yang banyak hanya dengan bermodalkan sedikit uang. Gak perlu banyak usaha, nanti bisa dapat rumah/mobil/apalah yang biasa disebut bonus. Ternyata dibalik itu semua ada syaratnya, kita mesti menjaring orang lain supaya mau menggunakan produk yang kita tawarkan dan kemudian mengajak orang itu untuk menjadi anggota MLM yang kita ikuti juga (apa sih istilahnya? downstream? downladder? ah, lupa aku…) . Nah, semakin banyak orang yang kita jaring, dan apabila orang yang kita jaring itu menjaring orang lain lagi, begitu seterusnya, maka kita akan mendapatkan suatu promosi dan bonus berdasarkan jumlah orang yang kita jaring. Jadi kalo ada temen/relasi yang memberi informasi adanya suatu bisnis yang menjanjikan dengan kata-kata manis, patut diwaspadai, jangan-jangan ujung-ujungnya bisnis MLM juga…..😀. Soalnya sering aku baca di milis, seseorang diundang temannya untuk mengikuti sebuah seminar tentang bisnis & motivasi di salah satu hotel terkemuka, yang di menit-menit pertama seminar sih belum tercium aroma MLM nya, ehh..tapi pada akhirnya mereka diminta untuk memasarkan sebuah produk yang sudah jelas dari sebuah bisnis MLM. Males banget dehh….
4. Pemain Shitnetron Sinetron
Yah, kalo dipikir-pikir, wajahku cukup OK lah untuk bisa menjadi artis….(anjrittt!!! narsis banget gw…. :D). Dan aku juga punya teman yang terobsesi untuk menjadi sutradara film sehingga nantinya dia bisa mengorbitkan aku (satelit kali mengorbit…) di dunia entertainment wk..wak…wak…
Tapi walaupun misalnya kejadian aku ditawarin main sinetron, kayaknya sih bakalan aku tolak. Abisnya sinetron udah kayak sampah di televisi aja. Cerita yang gak mutu; menjual mimpi, jiplakan dari film asing, jalan cerita gak masuk akal & mudah ditebak & itu-itu aja dari dulu sampai sekarang🙂 , akting pas-pasan, super maksa, dll yang buat aku ingin muntah….. Apalagi ngeliat sinetron di salah satu televisi swasta yang mana pemerannya itu-itu aja, suara pake di-dubbing segala, dan setting yang maksudnya ingin kembali ke jaman dulu tapi hasilnya malah gak masuk akal…..
Tapi melihat wajah-wajah artis di televisi lumayan bikin seger juga, cantik-cantik euy. Eits, tapi bisa menipu juga, soalnya kan artis sinetron pakai make-up tebel-tebel banget… ha..ha..
Aku sih mau-mau aja masuk tipi, misalkan menjadi narasumber untuk topik tertentu, apalagi yang berhubungan dengan IT, supaya kita bisa membagi pengetahuan kita ke orang lain gitu lohhh….

OK-lah, itu yang bisa kuceritakan kepada kalian. Dan yang perlu dicamkan adalah: untuk poin no.1 dan no.2, aku bukannya ingin mencap kepada seluruh orang yang ada di profesi itu. Aku yakin masih banyak PNS dan politikus yang berhati nurani, bersih dari korupsi, dan tanggung jawab akan pekerjaannya. Tapi ya itulah, karena ulah sebagian “oknum” di sana, kedua profesi tersebut menjadi “tercemar” menurut pandanganku. Aku mohon maaf apabila ada yang merasa tersinggung dengan postinganku ini. Aku hanya ingin menyuarakan pendapatku saja kok, boleh kan?🙂

cheers.

9 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hahahah kita satu pikiran…keempat2nya sy ngak suka walau daftar urutannya berbeda
    1. pemain sinetrom
    2. anggota mlm
    3. pegawai negeri
    4. politikus

  2. haa..haahh…
    untung deh,, berarti saya punya kawan….🙂

    tapi mas, list itu tidak saya urutkan berdasarkan peringkatnya loh…. semuanya memiliki tingkat ketidaksukaan yang sama:mrgreen:

  3. wah, semuanya gak suka juga tuh.

  4. si tora dalam film Quickie Express juga bilang..
    “HA ?? daripada join MLM.. mendingan gua jadi Gigolo..”
    hah ??? apa ??? bahkan join mlm lebih tidak etis daripada jadi gigolo ??? hehe

  5. upss satu lagi ttg politikus..

    “Hewan apa yang paling suka berantem ? ”

    jawabnya………….
    …..

    Hewan Perwakilan Rakyat…
    (peace)

    bonar said:
    waduhh,,lumanyan ngena juga ya….
    *gak ikutan ahh…*

  6. […] 14, 2008 Supaya postingan aku sebelumnya mengenai pekerjaan yang paling tidak kamu inginkan berimbang, maka di sini aku menulis tentang apa-apa saja pekerjaan yang paling kamu […]

  7. pns ya mana yaaaa????
    kan ga smua pns kaya gitu kaleeeee….
    hanya orang2 sirik aja yang ngomongnya kayak gitu,
    secara, masuk pns juga susah kali yeee

    jadi intinya “SIRIK NI YE”

    PISS YO

  8. lha, kan udah dibilang di paragraf terakhir…..
    baca dengan teliti donggggg…….😉

  9. uraian dan alasan2nya menarik🙂 saya sangat sependapat, keemapat daftar itu juga bukan pekerjaan yang saya inginkan.
    tapi, maaf, menurut saya terlalu subjektif (sangat wajar, karena ini blog anda sendiri?.
    tidak semua profesi tersebut persis seperti yang dikatakan.
    tentang PNS, politikus & artis sinetron, saya no comment..
    kalo tentang distributor MLM, sepertinya saya perlu membela diri karna saya juga salah seorang distributor Perusahaan MLM.
    memang kebanyakan orang akan berpendapat seperti anda, terutama orang yang hanya pernah dengar dari orang lain ato dapat infonya dari sumber2 yang bukan distributor itu sendiri. saya akui, banyak MLM yang memang sangat tidak layak untuk “dikerjain”, kalopun ada yang benar2 jujur dan baik, sistemnya terlalu sulit untuk dijalankan, dan hanya orang2 yang benar2 hebat yang bisa sukses disana.
    tapi sebagai eorang Sarjana Fakultas Ekonomi, saya sedikit banyak mengerti tentang sistem dan arah perekonomian baik lokal maupun internasional.
    banyak orang yang tidak sadar bahwa hampir semua jenis pekerjaan dan usaha itu sebenarnya “menganut” sistem MLM, bahkan perusahaan besar sekalipun, sistem transaksi yang mempunyai rangkaian dan hirarki sampai kepada konsumen, intinya adalah membangun hubungan yang baik dan kepercayaan kepada konsumen, cara sederhananya dengan cara “mulut ke mulut”.
    satu hal lagi, sistem MLM merupakan sistem dasar perdagangan manusia paling awal dan paling murni (bahkan Nabi2 pun bedagang seperti ini), seseorang menawarkan dagangannya langsung face to face pada seseorang, memperlihatkan produknya, mengatakan harga modal dan keuntungannya serta menjelaskan kualitasnya (kelemahan MLM skr, hanya sedikit yang benar2 mengatakan kekurangannya).

    lebih kurang begitulah, coba perhatikan, banyak perusahaan2 besar skr yang merubah sistemnya ke MLM ato membuat divisi direct selling nya, ya karena ini benar2 sangat menguntungkan perusahaan, benar2 menekan biaya promosi, disamping orang skr lebih cerdas dan selektif dalam membeli produk, survey mengatakan (detailnya saya lupa), mayoritas orang sekarang sudah tidak percaya dengan iklan2 ato promosi di media apapun…🙂

    Maaf, saya hanya berpendapat, sMOGA kita bisa saling memahami…🙂
    oya saya baru teringat, bisnis blog internet pun sebenarnya mengadopsi sistem MLM.. heheh

    Salam Sukses, terima kasih.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

