Menambah Plugin WordPress

March 12, 2008 at 8:35 pm | Posted in Uncategorized | 13 Comments
Tags:

Sore ini aku menambah plugin baru di wordpressku. Sebenarnya gak bener-bener baru, soalnya temanku Ganda sudah memakainya lebih dahulu. Plugin ini adalah kumpulan smiley yang dapat kita tambahkan ketika memberikan komentar terhadap suatu post. Dan Ganda pun sudah berbaik hati untuk menuliskan langkah-langkah penginstallan dalam format pdf. Silakan download filenya : installing-wp-plugins.pdf

Ikuti saja panduan tersebut, cukup mudah diikuti kok🙂 . Tapi untuk point no 8 di panduan tersebut awalnya aku cukup bingung. Di situ ditulis :

[Optional] Jika kamu mengaktifkan mode smiley menggunakan
JavaScript, kamu dapat menggunakan kode JavaScript : text
smiley_convert_text(text); untuk memproses smiley dalam kode
JavaScript. Hal ini sangat berguna apabila kamu menggunakan JavaScript
sebagai basis untuk menampikan comment.

Mau ditaruh dimana tuh smiley_convert_text(text)? Karena bingung aku buka langsung dari situs pembuat plugin ini, Priyadi, dan di sana ternyata ada satu hal yang tidak dituliskan oleh Ganda di panduannya. Aku tambahkan kode berikut ini tepat sebelum tag </head> di file header.php :

<script type="text/javascript"
src="http://redemption.del.ac.id/~if05085/wp-content/plugins/im_smiley.php">
</script>

Tetapi ada satu masalah lagi, yaitu ketika kita mengklik smiley, shortcut untuk smiley tersebut tidak masuk ke dalam textbox comment. Setelah pusing 7 keliling😀, aku buka aja blog si Ganda kemudian aku liat source code-nya untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang kurang yang belum ditambahkan di panduan. Bener dugaanku, setelah aku melihat source code-nya, ternyata si kawan menambahkan fungsi javascript tepat di bawah tag </html> . Ya sudah, kemudian aku menambahkan script ini di bawah tag </html> di file footer.php :

<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
<!--
function smiley_convert_text(text) {
var i;
var smiley;
var replacement;
var re = new RegExp("", "i");
for (i=0; i < smiley_smiley2image_s.length; i++) {
smiley = smiley_smiley2image_s[i];
replacement = smiley_smiley2image_r[i];
// smiley = smiley.replace(/([^a-zA-Z0-9])/gi, "\\$1"); // escape everything
re.compile(smiley, "gi");
text = text.replace(re, replacement);
}
return text;
}

function toggleMoreIcons(e) {
var moreIconsDiv = document.getElementById('moreIcons');
var isVisible = (moreIconsDiv.style.display == 'inline');
if (isVisible) {
moreIconsDiv.style.display = 'none';
e.innerHTML = 'more »';
} else {
moreIconsDiv.style.display = 'inline';
e.innerHTML = '« less';
}
}

function appendTextToComment(text) {
var commentArea = document.getElementById('comment');
commentArea.value = commentArea.value + text;
ReloadTextDiv(); }
//-->
</SCRIPT>

Dan voila! setelah me-refresh page, akhirnya berjalan juga plugin ini dengan semestinya🙂 . Tapi karena aku sedang memakai themes yang full ajax ini, maka ketika meng-klik tombol more>>, smilies yang lain tidak ditampilkan karena kita akan dibawa kembali ke homepage. Nantilah kucari solusinya. Oh iya, hampir lupa, ini file-file yang dibutuhkan untuk memasang plugin-nya :

Selamat mencoba ya \:d/

13 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah jom, emang bagian

    [Optional] Jika kamu mengaktifkan mode smiley menggunakan
    JavaScript, kamu dapat menggunakan kode JavaScript : text
    smiley_convert_text(text); untuk memproses smiley dalam kode
    JavaScript. Hal ini sangat berguna apabila kamu menggunakan JavaScript
    sebagai basis untuk menampikan comment.

    aku dapatkan dari langkah2 yang langsung dibuat om Priyadi, jadi gak ada satupun yang aku tambahkan, emang sih ada beberapa yang aku kurangi, coz mau dibuat kebahasa indonesianya, ntar malah tambah rancu…

    bagian itu langsung digenerate klo kita dah mengaktifkan pluginsnya…

    trus code yang aku tambahin dibagian footer, itu aku tambah sendiri. Gak aku tambahin dalam panduan tersebut coz takutnya dikecam plagiat ama yang punya… Lagian kan dah aku buat di bagian atas penduan bahwa panduan tersebut aku translate bulat2 dari panduan om Priyadi. Makanya aku butuh feed back dari kamu, tapi dah bisa di solve sendiri ya mantap lah!!!
    Kurasa plugin ini bukan untuk WP 2.3.3 keatas… [-(

  2. bah, cemana ya mau masukin tag quote kesini??:-?

  3. kren jg themes ko nar,, apalagi bs ganti themes sesuka qta, mntp lah..
    ni wp yg versi terbaru ya???

  4. siipppp….. :)>-:)>-

  5. @You-Know-Who:
    itu kan gara2 dah pake WP 2.3.3
    @okta:
    dah pake juga ya yuq??

  6. @ ganda:
    kok plugin ini bukan untuk wp 2.3.3 ke atas? memangnya sudah pernah coba? dan kayaknya versi wp yang paling baru 2.3.3, belum ada lagi versi di atasnya. dan aku sekarang pakai versi 2.3.2…

    oia, kalau mau bikin quote pakai aja tag blockquote … :)>-

  7. @you-know-who :

    thank you… :”> :d

  8. @if05085:
    bukan itu maksudku jom.. mungkin plugin ini agak bermasalah dengan wp 2.3.x… [-(

  9. @Gand
    pake memang, but yang punya aku itu memang udah built in di themes daun terakhir :-\”

  10. :)keren pra…themesnya…
    ini pakai apa ya… kayaknya ini sama themesnya sama dengan webnya perpus….:)>-

  11. @coen:

    makasih pra….
    mungkin karena sama-sama full ajax kali yah makanya mirip…😕
    :d

  12. plug-ins ya mas, kalo yg compile sendiri aku bisa dibagi nggak mas??

  13. How are you? your website is cute
    I have a new band and we just had a live gig you can see here:
    http://tinyurl.com/8w2esc


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

