Modifikasi WordPress

March 11, 2008 at 12:19 pm | Posted in Uncategorized | 7 Comments
Tags:

Akhirnya selesai juga menambahkan modifikasi kecil di wordpressku ini. Memang sih gak seberapa, aku cuma nambahin lokasi pengunjung yang memberikan komentar di blog ini. Sebagai contoh bisa kamu lihat di postingan sebelumnya, di sebelah nama pengunjung yang memberikan komentar kutambahkan kata From…. (misalnya: LK-NW). Itu diambil berdasarkan ip address yang tersimpan di database di dalam tabel wp_comments, yang lebih spesifik lagi dari field comment_author_IP. IP address tersebut aku split menjadi 4 bagian, dan dari 4 bagian tersebut kukategorikan ke dalam beberapa lokasi.

Untuk mengkategorikan lokasi tersebut aku bertanya ke beberapa teman mengenai rentang ip address yang ada di lab mereka masing-masing. Beberapa lokasi yang sudah kumasukkan di antaranya LK1A, LK1B, LK1C, LK2, LK-IS, LK-EI, LK-NW, Entrance Hall, Ruang Dosen, dan Perpustakaan. Untuk LK1C dan Ruang Dosen aku hanya memakai asumsi saja karena kutanya anak kelas 1C katanya ip address di LK mereka gak berurutan dan untuk ruang dosen aku memakai asumsi bahwa ip address di ruang dosen berawalan 172.21.2.* . Aku juga masih butuh beberapa lokasi yang belum kumasukkan seperti guest house, perumahan dosen, atau mansion, dll. Tolong informasikan ke aku apabila ada yang mengetahui jatah ip address di lokasi tersebut. Untuk sementara ip address yang belum kuketahui lokasinya kutulis “nowhere”.

Dan inilah potongan kode yang kubuat :

function print_location ($location = ' ') {
global $post, $comment;
get_currentuserinfo();
$real = $comment->comment_author_IP;
list($a, $b, $c, $d) = split('[.]', $real);

if ($a == 172 && $b == 22 && $c == 1 && (71<=$d && $d<=93)) {
$location = "LK1B";
}
elseif ($a == 172 && $b == 22 && $c == 1 && (101<=$d && $d<=123)) {
$location = "LK1A";
}
elseif ($a == 172 && $b == 22 && $c == 2 && (71<=$d && $d<=93)) {
$location = "LK1C";
}
elseif ($a == 172 && $b == 22 && $c == 3 && (71<=$d && $d<=102)) {
$location = "LK2";
}
elseif ($a == 172 && $b == 22 && $c == 3 && (111<=$d && $d<=134)) {
$location = "LK-IS";
}
elseif ($a == 172 && $b == 22 && $c == 3 && (171<=$d && $d<=188)) {
$location = "LK-EI";
}
elseif ($a == 172 && $b == 22 && $c == 5 && (71<=$d && $d<=93)) {
$location = "LK-NW";
}
elseif ($a == 172 && $b == 22 && $c == 10 && (2<=$d && $d<=254)) {
$location = "Entrance Hall";
}
elseif ($a == 172 && $b == 21 && $c == 2 && (2<=$d && $d<=254)) {
$location = "Lecturer Room";
}
elseif ($a == 172 && $b == 26 && $c == 1 && (1<=$d && $d<=254)) {
$location = "Library";
}
else
$location = "nowhere";
echo $location;
}

Aku tahu kode ini sangat sederhana, tapi memang cuma inilah kemampuanku😉 . Oh iya, aku menggabungkannya ke dalam plugin browser detection yang dibuat oleh priyadi. Di bagian footer juga aku tambahin kalimat “You’re probably accessing this blog from…”

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Mantap Jom!!! Tapi bisa diakalin sih punya mu itu…. Coz bisa aja IP kita diganti kan??? Jadinya lokasinya No-Where degh….
    Padahal masih dilokasi LK-IS..

    Terinspirasi dari fitur pengunjung terakhir berdasarkan kotanya ya jom? Yang udah banyak dipake blogger2 lain….

    But mantap… Klu bisa sekalian logo dari kelas masing2 juga ditampilin lah.. Biar komplet geeto… trus aku comot lah code mu itu….

    Hahahahahahahhaa….. lagi ada yang kukerjain, makanya blon ngutak-atik code WP…

  2. ya memang sih rencananya mau ditambahin gambar di sebelah lokasi, tapi blom ketemu gambar yang cocok….😀
    untuk yang masalah ganti ip, itu hanya minor case aja dan gak masuk cakupan-ku…
    ok dehhh… thank you for your comment.

  3. Wah keren banget bang……
    Ntuh codenya ditemplein dimana sih…..

    Jadi penasaran aku…. :d:d:d:)>-:)>-:)>-

  4. hmm…
    code yang mana nih? kalo untuk footer yang dibawah itu aku tempelkan di file index.php di themesnya.
    tapi kalo untuk yang dibagian komentar, pertama aku buat fungsi yang digabungkan di file suatu plugin,, kemudian di file comments.php tinggal aku panggil aja fungsi print_location(” “)

    pasti masih bingung ya?😕 he..he.. :d , mungkin nanti kubuat lah semacam panduannya… tunggu aja…. :d:d

  5. mas ajarin buat image user online di wordpress donk?

  6. sip…kreatif

  7. thank tips nya gan, mau ane coba ne.


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

