Hari ke-2, De Javu, dan UAS Besok

January 29, 2008 at 8:16 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags: ,

Wah, UAS hari ke-2 sudah terselesaikan. Inget judul hari ke-2 kayaknya ngalamin de javu deh.

Hari Ke-2

πŸ˜€ πŸ˜€

UAS INET1 hari ini lumayan berat, terutama waktu sesi praktikum. Kami harus melakukan konfigurasi 3 router dengan 3 switch berikut 6 komputer supaya masing-masing dapat saling berkomunikasi. Kira-kira seperti inilah topologi nya:

topology.jpg

Walaupun cukup rumit, untuk konfigurasi ip address, routing protocol, dan router interface masih bisa saya kerjakan. Tapi pada saat ingin mengkonfigurasi security policy-nya, baru deh saya kelabakan. Hal ini karena saya masih bingung dengan implementasi ACL (Access Control List) untuk suatu router. Contoh security policy yang dimaksud kira-kira seperti ini:

  • Ping dari semua PC ke PC2 (server) : Boleh
  • Ping dari semua PC ke PC1 (server) : Tidak Boleh
  • Ping dari PC3 dan PC4 ke PC5 dan PC6 : Boleh
  • Akses web dari PC3 dan PC4 ke PC1 (server) : Boleh
  • Akses web dari PC5 dan PC6 ke PC1 (server) : Tidak Boleh

Weleh-weleh, saya ndak mengerti (gak pernah latihan soalnya πŸ˜€ ), jadinya saya mengumpulkan file konfigurasi-nya tapi tidak disertai dengan implementasi security policy sedikitpun. Saya sudah rela deh bakal kehilangan nilai yang cukup banyak untuk UAS praktikum ini. Mudah-mudahan nilai di sesi teori dapat mengangkat nilai secara keseluruhan.

Dan besok adalah UAS untuk matakuliah SPC, “hanya” teori memang dan sudah dapat bocoran kalau besok akan ada 6 soal essay dan topik yang akan keluar adalah mengenai Thread dan kronco-kronconya. Sepertinya bakal ngoding di kertas nih, siap-siap pusing saya…. :-s :-s

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

