Tips Setting Proxy Firefox

January 14, 2008 at 9:03 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Pengalaman saya pada saat menggunakan web browser Firefox, jika ingin membuka website yang ada di jaringan lokal (intranet), maka kita harus memilih ‘Direct connection to the internet’ atau ‘Auto-detect proxy setting for this network’ di bagian Connection Settings. Karena jika kita memilih untuk menggunakan manual proxy configuration maka website yang ada di intranet tersebut tidak dapat dibuka.

Katakanlah kita juga telah mengisi “*.del.ac.id” (tanpa tanda kutip) di bagian ‘No Proxy For’ supaya bila kita membuka website apapun yang berakhiran .del.ac.id maka akan diabaikan oleh proxy server dan dapat terbuka di web browser. Tapi bagaimana caranya supaya kita dapat membuka website yang alamatnya menggunakan ip address? Misalnya : http://172.21.2.105/mp3z , atau teman anda mempunyai web server di PC-nya yang alamatnya adalah ip address komputernya. Soalnya Firefox tidak mengenali jika kita mengisi “172.*” di bagian ‘No Proxy For’ seperti di Internet Explorer ataupun Opera. Akibatnya jika kita mengetikkan alamat itu di address bar, maka proxy server akan menolak akses ke situs tersebut.

Bagaimana supaya kita tetap dapat mengakses web yang menggunakan ip address tapi tanpa mengubah settingan manual proxy?

Anda bisa melihat di gambar ini:

Yang perlu diperhatikan adalah di bagian ‘No Proxy For’, selain “*.del.ac.id” saya menambahkan dua parameter lagi yaitu: “172.0.0.0/24” dan “172.21.0.0/16”. Arti dari dua parameter tersebut adalah: untuk setiap website yang berawalan 172 dan mempunyai subnet mask 255.255.255.0 (24 bit) proxy server tidak akan memprosesnya dan juga untuk setiap website yang berawalan 172.21 dan mempunyai subnet mask 255.255.0.0 (16 bit) proxy server juga tidak akan memprosesnya.

Yup, ternyata tanda asterisk di IE dan Opera digantikan dengan angka 0 di Firefox yang mempunyai arti yang sama yaitu ‘untuk semua’. Dan mengapa settingan subnet mask untuk 172.0.0.0 dan 172.21.0.0 berbeda? Mungkin memang itulah settingan yang telah ditentukan oleh administrator jaringan kita. Mudah-mudahan tips ini dapat berguna bagi anda, dan apabila terdapat kesalahan dalam tulisan ini saya harapkan anda tidak ragu untuk memberikan kritiknya kepada saya. Good Luck!🙂

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: