PC Meledug

January 14, 2008 at 8:31 pm | Posted in Curhat | 2 Comments

Mengambil inspirasi dari lagu alm Benyamin. S ‘Kompor Meledug’, aku ingin nyeritain kejadian yang kualami tadi sore di Lab NM. Sesuai judulnya, tadi tuh PC aku tiba-tiba aja meledak (bhs betawi meledak adalah meledug), iya, beneran meledak.

Ini kronologisnya:

Waktu pelajaran SPC di lab, aku sedang biasa aja nyalain PC trus tiba-tiba monitor mati. Aku kira PC ku restart karena hang/entah apa tapi kulihat lampu LED yang ada di casing PC masih terus menyala berarti PC-ku gak restart. Aku lihat ke belakang casing PC ternyata kipas power supply dan yang dibawahnya mati. Kemudian aku buka tutup samping casing PC dan melihat kipas prosesor juga mati.

Kemudian aku berinisiatif untuk melakukan shutdown paksa dengan menekan tombol on/off di casing bagian depan selama beberapa detik. Terus aku mencoba melepaskan LAN card karena biasanya memang LAN card aku bermasalah. Dan aku coba nyalakan lagi PC ku, ternyata tetap saja semua kipas, baik kipas power supply, kipas ventilasi, dan kipas prosesor tetap tidak mau menyala. Kemudian aku shutdown paksa lagi, tapi LAN card tetap tidak aku pasang.

Nah, waktu aku mencoba menyalakan kembali PC ku, saat itulah ledakan terjadi. Suaranya cukup kuat dan membuatku sangat kaget, apalagi percikan api sempat aku lihat keluar dari lubang power supply dan posisiku sedang ada di belakang casing. Seketika itu juga asap dan bau hangus keluar dari lubang power supply yang ada di casing. Sebelum aku sempat sadar apa yang terjadi, terjadi ledakan kedua! Anjri**!! Makin kaget aja aku dan teman-temanku di lab. Kali ini ledakan berasal dari monitor dan sempat kulihat juga percikan api keluar dari lubang ventilasi yang ada di atas monitor.

Teman-teman udah pada panik karena mencium bau hangus tersebut, dan teman samping PC ku mencabut kabel power untuk PC dan monitor demi menghindari hal-hal yang lebih berbahaya. Aku pun ikut panik dan bingung juga sebenarnya apa yang terjadi yah, kok bisa sampai meledak kaya gini? Semenjak kenal komputer, baru kali ini lah aku ngalamin sendiri komputerku meledak. Ya udah, abis kejadian itu PC-ku langsung dibawa ke ‘ruang operasi’ yang ada di samping LK kami untuk diganti power supply-nya.

Untunglah, yang rusak hanya power supply-nya saja, data-data di hardisk-ku masih dapat diselamatkan dan malam ini aku sudah bisa menggunakan PC-ku seperti sedia kala. Monitor yang pada waktu kejadian sempat meledak juga malam ini pun sudah dapat digunakan seperti biasa. Pokoknya, kejadian tadi sore cukup bikin shock juga…

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Syukurlah harddiskmu aman, anyway sisop linux FC 6 mu juga ga kenapa-napa kan?
    Bisa-bisa gawat tugas SS kita nanti!!

  2. iya, untung hardisk-ku gak jadi korban dan semua sisop masih bisa berjalan dengan lancar.😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: