Project SS

January 10, 2008 at 11:46 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Melihat tulisan temanku di sini mengenai apa yang dia lakukan pada saat libur hari ini, aku jadi ingin juga menulis tentang topik yang sama🙂 .

Proyek System Security yang diberikan sejak tahun lalu belum jelas gimana nasibnya. Bayangin aja, saat ini kami masih sibuk menginstall sistem operasi yang digunakan, belum ada satupun settingan server yang dikonfigurasi. Tapi konfigurasi untuk server sebenarnya sudah dipelajari di matakuliah NSS dan mungkin nanti tidak memakan waktu yang cukup lama.

Aku menemui masalah ketika ingin mengonfigurasi printer sharing dari Linux. Sebenarnya printer sharing di linux cukup sederhana dan bisa menggunakan dua cara. Yang pertama memakai service samba dan cups (common unix printing system). Kalau menggunakan samba, mirip jika kita menshare printer lewat windows. Tinggal buka nama komputernya, nanti akan kelihatan printer yang disharing. Masalahnya printer tersebut gak bisa di-connectkan, gak tau kenapa lah padahal aku sudah mengikuti settingan file samba.conf yang aku lihat di web forum Fedora.

Aku juga mencoba menggunakan CUPS, yaitu printer sharing berbasis web. Untuk mengkoneksikannya aku sudah berhasil, tetapi masih ada masalah juga😦 . Ia hanya bisa mem-print test page saja dari webnya. Kalau kita ingin mem-print dari dokumen Microsoft Word misalnya, itu tidak bisa padahal tidak ada error yang ditampilkan dan di webnya di bagian jobs kelihatan nama filenya dan nama username yang mengakses printer itu. Tapi tetap saja printer tidak bekerja.

Aku sudah pusing gimana lagi caranya supaya bisa ya. Padahal untuk file sharing aku sudah berhasil menerapkannya, menggunakan samba jadi lebih mudah. Aku khawatir juga, soalnya proyek ini dikumpulkan pada hari Sabtu mendatang, jangan-jangan nanti tidak selesai. Arrgghhhh……

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: