Gaya Menulis Blog

December 13, 2007 at 5:18 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Saat ini saya perhatikan saya mempunyai gaya menulis yang berbeda-beda pada blog ini. Setidaknya ada tiga, yaitu:

1. Gaya menulis formal seperti pada saat saya menulis postingan ini, yaitu menggunakan bahasa baku semisal kata-kata saya, anda, dll. Hal ini saya lakukan karena saya ingin menggunakan pendekatan yang berbeda dalam penulisan blog dan menjadikan blog ini menjadi lebih profesional dan elegan walaupun tema-tema yang diangkat dalam blog ini masih merupakan tema-tema ringan saja seperti kegiatan di kampus, pengalaman-pengalaman yang saya dapatkan, dll. Cukup berat juga sih saya rasakan apabila menulis dengan menggunakan bahasa-bahasa baku seperti ini karena harus melihat tata bahasanya juga apakah sudah sesuai dan benar menurut aturan yang ada.

2. Gaya menulis santai dan menggunakan bahasa sehari-hari atau bahkan bahasa gaul seperti gw, loe, atau yang lain yang biasa digunakan oleh anak muda Jakarta🙂. Saya merasa nyaman dengan menggunakan gaya bahasa seperti ini karena saya bebas mengekspresikan apa yang ingin saya tulis tanpa harus memperhatikan tata bahasa yang baku. Tapi saya takut apabila orang lain yang membaca blog ini hanya menganggap blog ini adalah blog biasa saja, sama seperti blog kebanyakan yang menceritakan kehidupan mereka atau bersifat narsisme saja. Padahal saya berharap blog ini dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

3. Saya mencoba menulis menggunakan Bahasa Inggris dan sudah beberapa kali saya lakukan pada blog ini. Ada kendala pada saat saya ingin menuliskan sesuatu dalam Bahasa Inggris, yaitu perbendaharaan kata saya yang masih kurang sehingga kadang-kadang saya bingung untuk mengartikan suatu kata dalam Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris. Belum lagi saya harus menyusun grammar dan structure dari kalimat yang saya tulis. Tentu saja menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis blog mempunyai banyak keuntungan. Di antaranya orang dari negara lain dapat mengerti dan memahami apakah yang kita tulis dan kitapun dapat belajar menulis dalam Bahasa Inggris yang nantinya akan berguna bagi kehidupan kita di kemudian hari, apalagi pada saat mencari pekerjaan🙂.

Dari ketiga gaya menulis blog itu belum ada yang menjadi pilihan utama saya dalam menulis blog. Kadang saya memilih menggunakan gaya menulis nomor 1 dan kadang saya menulis dengan gaya menulis nomor 2 atau 3. Mungkin nanti apabila saya sudah pindah ke layanan blog yang lain, baru saya akan menentukan pilihan saya.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

