Asal-Usul Nickname Saya

December 7, 2007 at 12:34 am | Posted in Curhat, Fun | 4 Comments

Hai, sebenarnya sudah lama juga ingin menuliskan topik berikut ini. Saya ingin menuliskan tentang asal mula nama julukan saya, atau dalam bahasa kerennya nickname. Saya rasa setiap orang mempunyai nama julukannya masing-masing, dan dari yang saya perhatikan kadang-kadang nama julukan seseorang tersebut sangat berbeda dengan apa yang menjadi nama sebenarnya dari orang tersebut. Sayapun mempunyai nama julukan dan teman-teman saya sudah sering memanggil saya dengan nama tersebut. Bojjom, itulah nama julukan atau nickname saya. Memang terasa aneh jika diucapkan, tapi itulah yang membuatnya menjadi unik dan saya rasa tidak ada orang lain yang memakai nama julukan itu. Mari kita kembali ke belakang, menelusuri asal mula dipakainya nama tersebut. Nama ini sudah saya pakai ketika saya masih sekolah di kelas 3 SMP dulu. Awalnya adalah dari permainan komputer yang dulu sedang populer, Counter Strike. Ya, dulu pada masa itu saya dan teman-teman keranjingan untuk bermain game ini, biasanya setelah pulang sekolah kami langsung menuju ke game center terdekat dan tidak jarang kami menghabiskan waktu sampai sore hari di sana. Seperti yang anda tahu, bahwa game ini mewajibkan pemainnya untuk menentukan sendiri nicknamenya sebagai nama untuk mengidentifikasikan dirinya ketika bermain. Sebelum menggunakan Bojjom sebagai nickname, saya beberapa kali mengganti nickname saya ketika bermain game tersebut, tapi saya sudah lupa nama apa saja yang pernah saya pakai. Namun, waktu itu ada seorang teman, dia menggunakan Pl3ky_703 sebagai nicknamenya yang kalau ditulis seperti biasa menjadi Pleky_Joe. Dia mengganti angka menjadi huruf, dalam contoh nickname yang dia pakai angka 3 menjadi e, 7 sebagai j, dan 0 sebagai o. Saya juga tertarik mencobanya, pertama saya menentukan satu kata yang akan diganti hurufnya menjadi angka. Waktu itu saya memakai Bottom, yaitu kependekan dari nama lengkap saya, Bonar Tyson Gultom. Setelah itu saya mengganti beberapa huruf dari kata tersebut dengan angka, maka dari kata Bottom itu menjadi 130770M. Huruf B saya ganti dengan gabungan dari angka 1 dan 3, dan kalau teman saya menganggap bahwa angka 7 itu adalah sebagai J, saya berasumsi bahwa angka 7 itu lebih mirip jika dianggap sebagai huruf T. Menurut anda sendiri, manakah yang anda anggap benar?

Sejak saat itu saya selalu menggunakan nickname 130770M ketika bermain game Counter Strike. Ketika teman-teman ada yang bertanya apa sebenarnya 130770M itu, saya menjelaskan bahwa kata itu dibaca Bottom yang merupakan singkatan dari nama lengkap saya. Namun, karena teman saya si Pleky_Joe menginterpretasikan angka 7 dengan huruf J, maka teman-teman saya pun menganggap juga bahwa angka 7 yang saya pakai di nickname saya merupakan substitusi dari huruf J. Jadilah mereka membaca 130770M itu dengan Bojjom, dan akhirnya misteri asal mula kata Bojjom itu terpecahkan๐Ÿ˜€.
Sebenarnya dulu ketika saya dipanggil dengan Bojjom saya merasa sedikit risih juga, karena saya rasa kata itu cukup aneh untuk diucapkan dan tidak mempunyai arti apa-apa. Namun, teman-teman SMP saya tetap memanggi saya dengan nama itu dan akhirnya saya hanya bisa pasrah menerimanya. Saya yang tadinya merasa aneh dengan nama tersebut sekarang merasa bahwa nama tersebut sangat unik dan mungkin hanya satu-satunya di dunia ini๐Ÿ™‚. Ketika SMA saya jarang dipanggil dengan nama tersebut, namun ada saja beberapa teman dekat yang tetap memanggil saya dengan nama ini terutama teman-teman dari SMP yang kebetulan satu SMA dengan saya. Kemudian ketika kuliah sebenarnya saya tidak ingin seorangpun memanggil saya dengan nama ini, tapi mungkin karena saya sering menggunakan kata bojjom ketika saya kuliah (contohnya saya menggunakannya sebagai username di komputer atau forum internal kampus) maka teman-teman pun akhirnya memanggil saya dengan nama ini dan kembali saya hanya bisa menerimanya. Mungkin saya lebih dikenal dengan nama itu๐Ÿ™‚ karena beberapa orang adik kelas sayapun ada yang memanggil saya dengan nama ini. Ketika mereka ada yang menanyakan apakah arti dari Bojjom itu, saya tentu tidak bisa menjelaskannya secara singkat karena seperti yang saya tulis saat ini, sejarahnya cukup panjang untuk diceritakan. Saya hanya bisa menjawab bahwa ceritanya panjang dan saya berlalu begitu saja. Tapi entah dari mana tiba-tiba beberapa orang mempunyai penjelasan sendiri tentang arti nickname itu, dan cukup menggelitik juga. Ada yang mengatakan bahwa Bojjom itu merupakan singkatan dari Bonar Jelek Jomblo, ha..ha.. untuk kata yang ketiga mungkin betul tapi bagaimana dengan kata yang kedua? Anda sendiri yang menilanya…๐Ÿ™‚

Penggunaan kata Bojjom ini sudah cukup luas, terutama di jagad internet. Bila anda mengetikkan ‘bojjom’ (tanpa tanda kutip) di mesin pencari Google, maka anda akan mendapatkan hasil yang cukup banyak yang merujuk kepada kata tersebut dan mempunyai hubungan dengan diri saya. Saya memang menggunakannya dalam beberapa aktivitas internet saya, misalnya saya menggunakannya sebagai username di beberapa forum online besar Indonesia, kemudian kedua alamat e-mail saya (bojjom [at] yahoo [dot] com dan bojjom [at] gmail [dot] com), kemudian beberapa mailing-list, serta alamat blog pribadi saya di friendster. Dan yang paling memberikan kontribusi cukup besar adalah layanan video sharing dari google yaitu YouTube karena saya menggunakan bojjom sebagai usernamenya.
Saya sendiri tidak tahu sampai kapan saya akan menggunakan nickname ini. Seperti yang sudah saya tulis di atas, jika orang lain lebih mengenali saya dengan nickname ini mungkin saya akan menggunakannya terus, tapi jika tidak tentu akan saya akhiri penggunaan nickname ini dan mencoba menggunakan nickname lain๐Ÿ™‚ . Oh ya, saya mempunyai beberapa teman yang juga mempunyai nickname yang unik dan kami bersahabat satu sama lain. Mereka adalah Pleky (dia adalah si Pleky_Joe yang sekarang hanya menggunakan Pleky saja), titui, Jupoy, JM, dan Rey. Cukup aneh-aneh kan nicknamenya? Kami juga membentuk sebuah kelompok yang dinamakan buSet, tapi itu merupakan cerita lain yang akan saya tuliskan kisahnya nanti, tunggu saja.

4 Comments »

RSS feed for comments on this post.

  1. Bojjom…..Bonar jelek jomblo? wakaakak…

  2. kaget kan? kok ada yang bisa bilang aku itu jelek…..
    padahal aku kan….
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    biasa-biasa aja…..๐Ÿ˜€

  3. tapi emank benar jelex khan…???
    ๐Ÿ™‚

  4. tapi emank benar jelex khanโ€ฆ???

    it’s back to you….๐Ÿ˜€


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

