IDG 2007

September 10, 2007 at 7:51 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Pada tanggal 7-8 September yang lalu kampus saya mengadakan acara yang wajib diadakan setiap satu tahun sekali. Acara tersebut adalah acara inagurasi mahasiswa baru, dies natalis dan wisuda. Kampus saya telah mengukuhkan mahasiswa sebanyak tujuh angkatan dan telah mewisuda empat angkatan semenjak dibuka pada tahun 2001 yang lalu. Jika pada tahun lalu saya berpartisipasi mengisi acara dengan menjadi anggota paduan suara, maka pada tahun ini saya berpartisipasi mengisi acara pada posisi yang berbeda. Saya diminta oleh salah satu dosen, yang juga sebagai panitia acara ini, untuk menjadi penerima tamu/escort yang datang dari Jakarta bersama Bapak Luhut Pandjaitan, yang notabene beliau adalah Pembina Yayasan Del. Saya bersama satu orang teman saya bertugas mendampingi rombongan tamu tersebut di setiap acara yang telah disusun. Mulai dari menjemput mereka di bandara, sampai dengan mengantar ke hotel tempat mereka menginap, kami selalu bersama mereka. Bisa disebutkan kalau jam tugas kami cukup panjang yaitu mulai dari pagi sampai malam, berbeda dengan teman kami yang lain yang hanya bertugas mulai dari pagi sampai acara tersebut selesai kira-kira siang hari.

Bisa dikatakan bahwa rombongan tamu adalah orang-orang penting, yang merupakan kerabat dari Bapak Luhut dan berasal dari berbagai institusi dan profesi yang berbeda-beda. Yang kami temui kemarin di antaranya ada yang merupakan seorang Brigjen TNI, kemudian rektor dari beberapa universitas di Indonesia, lalu Direktur dan Wakil Direktur dari suatu perusahaan yang cukup ternama, dosen senior dari ITB, dan juga para peneliti di LIPI. Semuanya berjumlah kira-kira 30 orang. Merupakan suatu pengalaman menarik bisa bersama-sama dengan mereka karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan dan pengalaman seperti itu. Pengalaman menarik lainnya ketika kami makan malam bersama mereka di restoran hotel tempat mereka menginap. Kami pun bisa melihat bahwa beberapa di antara mereka (terutama yang seorang pengusaha) adalah orang-orang yang tidak masalah bila mengeluarkan materi yang cukup banyak. Kami bisa merasakan bahwa seperti inilah gaya hidup mereka sehari-hari, yang tentu saja tidak bisa saya ikutišŸ˜€. Mereka adalah orang-orang yang sangat menghargai waktu, dimana waktu merupakan hal yang terpenting bagi mereka di dalam pekerjaannya. Berbeda dengan saya yang terkadang suka melecehkan waktu, yang menganggap bahwa waktu tidak terlalu penting bagi saya.

Banyak yang dapat dipelajari dari golongan orang-orang "VIP" ini. Saya bisa ikut mendengar apakah yang mereka bicarakan, bagaimana cara mereka berbicara, perilaku dan gerak tubuh mereka. Dan dari yang saya lihat bahwa mereka mempunyai rasa sosialisasi yang tinggi, dimana mereka bisa akrab dengan sangat cepat padahal sebelumnya mereka tidak saling mengenal dan baru bertemu pada saat itu saja. Tetapi ketika sudah berada di satu meja makan, mereka tidak pernah berhenti berbicara, selalu saja ada bahan obrolan sehingga suasana menjadi ramai bahkan seperti suasana berdiskusi namun tetap dalam kondisi santai yang kadang diselingi dengan suara tertawa terbahak-bahak.

Ya, seperti itulah partisipasi saya dalam rangka menyukseskan acara inagurasi, dies natalis, dan graduation yang lalu. Memang cukup melelahkan, ketika itu kami pagi-pagi sekali berangkat dari kampus menuju hotel untuk memastikan bahwa mereka telah siap berangkat dan tidak terlambat untuk mengikuti acara. Namun ada juga keuntungan yang saya dapatkan, seperti yang telah saya tulis di atas. Saya mendapatkan kesempatan yang orang lain belum tentu dapat merasakannya, dan bahwa kesempatan ini adalah kesempatan yang jarang sekali didapatkan, belum tentu dalam beberapa waktu ke depan saya bisa merasakan kesempatan seperti ini lagi.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: