Kehilangan Selera Nge-Game (2)

July 26, 2007 at 12:19 pm | Posted in Curhat | Leave a comment

Ketika gw masuk SMA gw udah mulai ninggalin main PS karena waktu itu PS2 juga sudah rilis jadi game-game PS1 sepertinya sudah mulai disingkirkan. Kebetulan juga waktu itu gw dibelikan komputer sama bokap gw, komputer dengan prosesor pentium 4 1.7 GHz. Pada tahun 2002 bulan Juli prosesor dengan kecepatan segitu udah lumayan lah, lagian kerjaan juga blom terlalu banyak menggunakan komputer waktu itu. Namun beberapa bulan setelahnya, kira-kira bulan November tahun 2002 bokap gw mengupgrade beberapa komponen, RAM yang tadinya 256MB menjadi 384MB, hardisk dari 20GB menjadi 40GB, kemudian menambahkan CD-RW, tapi yang paling penting yang mempengaruhi kehidupan nge-game gw yaitu VGA dari yang tadinya masih onboard diganti jadi add-on GeForce 4200Ti dengan memori 128MB. Wow! waktu itu VGA dengan memori 128MB merupakan yang terbesar di pasaran loh, jadi bisa dipastikan bahwa game yang keluar pada tahun itu akan berjalan dengan lancar di PC gw. Dan memang betul, game yang gw coba install berjalan dengan cukup lancar dan gw dengan nyaman memainkannya. Game yang paling gw suka waktu itu game The Sims, gw sampai menginstall seluruh expansion pack-nya yang total memakan ruang di hardisk sebesar 3GB lebih dan total jumlah cd untuk menginstall game tersebut kurang lebih 8CD! Enak sih gamenya, walaupun kita udah bermain dengan lama tapi kita susah untuk jadi bosan karena gameplaynya yang cukup interaktif. Dan kegiatan yang pasti gw lakukan setiap pulang sekolah pasti bermain game, apakah itu meneruskan game yang kemarin atau menginstall game baru. Gw juga kadang sampai lupa makan (bahkan ga makan siang dan malam!), mandipun kadang jadi males-malesan, kalo ga disuruh ortu mungkin gw ga mandi waktu itu. Tidur juga ga tentu, kadang jam 8 juga udah tidur karena kecapean main game dari siang atau mungkin sampai larut malam juga belum tidur karena masih asyik dengan game terutama kalau hari libur. Dan gw ga pernah yang namanya belajar, bahkan jika besoknya ujian pun gw ga belajar. Makanya nilai gw ancur banget selama di SMA, dan ke sekolah hanya untuk numpang absen aja dan ketemu sama teman-teman, pokoknya membosankan sekali kalau sudah masuk ke kelas dan ngikutin pelajaran.

3 tahun itu kayaknya hanya untuk nge-game aja buat gw. Si Haryo pun nulis testimonial ke gw bilang kalo gw tuh gamer, dan ada beberapa yang teman lain yang juga bilang hal yang sama ke gw. Teman gw yang berbeda sekolah dengan gw bahkan setiap hari Sabtu sering mampir ke rumah gw dulu untuk main game setelah mereka pulang sekolah. Dan ketika udah sore baru deh mereka pulang ke rumah. Gw juga punya stik yang ada fitur getarnya, jadi kalo main game balap/sepakbola jadi lebih nyaman dan seru. Dan kebiasaan gw main game sepertinya mulai menghilang ketika gw mulai masuk kuliah. Ada beberapa faktor sih yang mempengaruhi, pertama spesifikasi komputer yang ada di lab kampus gw beda jauh dengan komputer rumah, jadinya komputer lab ga mumpuni untuk mainin game dengan nyaman. Kedua, sepertinya memang dari gamenya deh, karena game-game saat ini udah semakin gila dalam persyaratan minimal yang harus dipenuhi jika ingin memainkan game tersebut. Saat ini game yang baru keluar harus dimainkan dengan komputer yang mempunyai prosesor minimal 2 Ghz, RAM 512MB, VGA 128MB/256MB dan ruang hardisk kosong rata-rata 3GB!Gila ga tuh?! Itulah yang bikin gw jadi males untuk mencoba game baru, dan menginstall lagi game lama membuat gw menjadi bosan juga soalnya sudah pernah dimainkan. Apalagi gw ga terlalu tertarik dengan game online yang juga lagi ngetrend, soalnya selain mesti bayar biaya sewa warnet kita juga mesti beli voucher lagi kalau masih ingin terus melanjutkan permainan. Wah, butuh biaya yang pastinya ga sedikit tuh, ogah deh gw buang-buang duit untuk sesuatu yang hasilnya hanya terasa sebentar aja.

Dari pengalaman gw bermain game selama ini, gw menemukan dan merasakan efek dari bermain game. Tentu ada efek yang positif dan ada juga yang negatif. Yang positifnya selain dapat fun dan menghilangkan stress, gw bisa melatih kosakata bahasa Inggris gw karena kan hampir semua game pasti menggunakan bahasa Inggris dalam permainannya. Selain itu melatih kecepatan berpikir, memutuskan sesuatu, logika, sinkronisasi antara otak dengan otot (pergerakan tangan dalam menekan tombol atau keyboard/mouse). Kesabaran juga sering dilatih, kerjasama juga seperti yang ada di game Counter Strike. Imajinasi atau mengkhayalkan seolah-olah kita berada di dunia game tersebut juga terkadang menjadi keasikan tersendiri. Kadang gw bisa mendapatkan inspirasi dari memainkan game, yang bisa gw terapkan di dunia nyata. Tapi ada juga yang ga boleh diterapkan, sudah kebayang dong gimana jadinya kalau dunia Counter Strike kita lakukan di kehidupan sehari-hari? Atau menyetir mobil/motor dengan kecepatan yang gila-gilaan seperti yang ada di game Need For Speed Underground atau Moto GP? Makanya kita harus pinter-pinter menyaring apa yang boleh dilakukan di dunia nyata dan apa yang hanya boleh dilakukan di dunia game. Efek negatif lainnya juga dah gw rasakan sendiri, yaitu lupa waktu, lupa makan, dan lupa sosialisasi alias lebih suka menyendiri. Nanti yang didapat bukannya fun eh, malah jatuh sakit. Dan untuk sosialisasi sih kalau main game lebih baik ada temen juga yang ikut bermain, jadi ada yang saling mengingatkan satu sama lain. Dan menurut gw emang lebih seru main game ramai-ramai sih daripada sendiri aja. Dan sayangnya game untuk PC lebih banyak dirancang dimainkan satu orang saja setiap PC, walaupun orang lain bisa ikut bermain tapi harus dengan PC yang berbeda yang dihubungkan ke jaringan komputer.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

