Indonesia(1) vs Arab Saudi(2)

July 15, 2007 at 11:15 am | Posted in Uncategorized | 2 Comments
Tags: ,

Kemarin gw sama 2 orang teman gw (titui a.k.a Rateka dan jupoy a.k.a Rio) sama-sama nonton pertandingan sepakbola piala asia langsung dari Gelora Bung Karno, Senayan. Ya, seperti di judulnya, pertandingan kemarin adalah pertandingan antara Indonesia melawan Arab Saudi yang sudah kita ketahui hasilnya bahwa Indonesia harus menerima kekalahan yang cukup menyesakkan dari Arab Saudi karena gol kedua Arab Saudi tercipta di menit-menit akhir pertandingan.

Awal cerita, hari Jumat yang lalu (13 Juli 2007) kita sih udah ke Senayan buat nyari tiket. Waktu itu kita perginya bertiga (gw, titui, sama JM a.k.a Johannes) dan pertama sih tujuannya ke Nike Shop di Mall Taman Anggrek tapi ternyata di sana tidak menjual tiket lagi, ya udah akhirnya gw sama titui (JM udah pulang duluan) pergi ke Senayan ke tempat penjualan tiket di sana. Ternyata setelah sampai di Senayan, harapan kami untuk mendapatkan tiket sia-sia, karena sama kejadiannya seperti di Nike Shop tadi, kayaknya tiketnya ga dijual lagi dan situasi di Sekitar Stadion lagi pada sibuk dan ramai dengan para polisi, tentara, paspampres soalnya kan Presiden mau datang untuk nonton juga. Sebenarnya di luar stadion ada calo yang jualin tiket gitu, tapi kitanya yang ga mau soalnya dijualnya bisa dua kali lipatnya, rugi dong gw. Oh ya, ada kejadian unik juga waktu itu. Kita ngeliat mobil dengan plat CD (Corps Diplomatic alias Kedutaan) mendekati calo dan sepertinya terjadi tawar menawar untuk membeli tiket, tapi akhirnya si mobil kedubes ni pergi dan ga jadi beli tiket. Bagus deh kalo kayak gitu, tapi malu juga deng soalnya kan jadi ketauan sama pihak kedubes kalo calo masih ada aja di event internasional kayak gini padahal kan udah dilarang sama panitia pelaksana.
Ya udah, hari itu kita ga dapat apa-apa dan kita langsung pulang sambil berharap kalo besoknya (14 Juli 2007) kita beruntung mendapatkan tiketnya soalnya ada yang bilang kalo beli tiket pas hari pertandingan pasti susah banget karena yang disediakan cuma sedikit tapi penonton yang datang, yang juga belum kebagian tiket banyak banget yang datang.

Jadi besoknya, gw berangkat sama titui kira-kira pukul 12.00, dan ketemuan sama jupoy di tempat bus mangkal. Si JM ga jadi ikut sama kita. Sampai di stadion kira-kira jam 13.30, dan betul aja, area sekitar stadion dah keliatan ramai banget sama suporter Indonesia padahal pertandingan baru dimulai jam19.30, dan peluang kami buat dapetin tiket kecil banget. Kami keliling stadion dan sampai di salah satu loket yang menjual tiket, memang sih tiket masih tersedia tapi yang tersedia itu hanya untuk kategori 2 sama kategori 1 yang masing-masing harganya Rp 75.000 dan Rp 200.000, gila! mahal banget kan?!
Wah sial juga yah… padahal gw udah rela-relain beli baju kostum timnas Indonesia (yang aspal tentunya, he..he..) di dekat pintu masuk,tapi masak ga bisa nonton langsung nih.
Ya udah, akhirnya kita cuma bisa keliling2 stadion buat nyari loket yang lain, tapi hasilnya sama aja, tiket untuk kategori 4 (Rp 15.000) atau kategori 3 (Rp 25.000) sudah habis semua. Terus kita juga ketemu sama suporter yang bernasib sama dengan kita, ga kebagian tiket, padahal dia udah datang jauh-jauh (dari Depok) dan udah ada di stadion dari jam 10.00. Abis itu kita cuma keliling2 stadion ga jelas, mana capek banget lagi soalnya kelilingnya jalan kaki. Bayangin aja stadion yang gitu luasnya kami kelilingi hanya dengan berjalan kaki dan dengan tujuan yang tidak jelas! Sebenernya ada beberapa calo yang nawarin tiket untuk kategori 4/kategori 3 tapi harganya makin gila, untuk kategori 4 bisa dijual dengan harga Rp 50.000! He..he.., dasar calo nyari untung ga kira-kira.

Sampai akhirnya kami menyerah dan memutuskan untuk pulang aja. Kita dah jalan ke pintu keluar tapi si jupoy tiba-tiba nanya ke salah satu suporter yang baru masuk ke stadion, "Bang, jual tiket ga?". Kebetulan sih si suporter ini emang lagi megang tiket dan ga cuma satu. Pertamanya sih dia bilang kalau tiket yang dia pegang tuh buat temennya yang udah ada di dalem tapi setelah kami bilang kalo kami butuh tiket, eh dia mau juga ngejualin. Dan untung deh harga yang ditawarin sama dia ga mahal-mahal banget, walaupun udah dinaikkin juga sama dia. Kita beli untuk kategori 4, harganya Rp 25.000, ‘hanya’ Rp 10.000 lebih mahal, tapi gpplah, soalnya pasti itu kesempatan terakhir yang kita punya buat nonton langsung dari stadion. Kami beli 3, tetapi si titui yang melihat peluang bisnis otaknya langsung jalan dan ngambil 3 tiket lagi untuk dijual ke orang lain dengan harga yang dinaikkin dari harga sebenernya. Dan akhirnya dia emang berhasil menjual ketiga tiket itu dengan harga total Rp 100.000 ke orang lain. Untung Rp 25.000 lumayan juga kan?

Akhirnya kita berhasil masuk stadion kira2 pukul 18.45, dan pemeriksaan lumayan ketat karena yang bisa masuk ke area sekitar stadion hanya orang yang bisa menunjukkan tiket. Penonton sudah sangat ramai memenuhi stadion, bangku rata-rata terisi penuh tapi tidak untuk bangku kategori 4 yang letaknya di atas kategori VVIP yang sengaja dikosongkan karena di kategori VVIP itulah Presiden duduk, mungkin untuk menghindari dari suporter yang tingkahnya aneh-aneh yang bisa saja melempar botol minuman atau menyalakan kembang api/petasan di sana. Penjagaan sangat ketat, sampai2 tentara dengan senjata lengkap juga ikut menjaga supaya area tersebut disterilkan dari suporter. Tapi di tengah pertandingan, entah kenapa bisa kecolongan. Puluhan suporter bisa masuk ke area itu walaupun tidak berlangsung lama, karena langsung diusir sama petugas keamanan di area tersebut. Di pertengahan babak kedua, penjagaan ketat mulai dikurangi karena petugas keamanan mengijinkan puluhan suporter menonton dari area itu walaupun tetap dibatasi bahwa bangku yang boleh dipergunakan hanya beberapa baris bangku dari baris paling atas.

Sebelum pertandingan dimulai para pemain dari kedua tim melakukan pemanasan di lapangan (yang pastinya ga ada di siaran langsung di teve, he..he..), sorak2an dari puluhan ribu penonton kerasa banget, blom lagi yang mainin musik2 yang bikin suasana stadion makin rame. Dari sini udah mulai keliatan penonton yang mengejek2 pemain dari tim Arab, yang nyorakin mereka waktu mengoper2 bola,dsb.
Setelah itu lagu kebangsaan dari kedua tim dimainkan. Ada perasaan yang gimana gitu, waktu gw ngikut nyanyiin lagu Indonesia Raya sama puluhan ribu penonton yang lain, pokoknya beda banget kalo ngedengerin sendiri atau nyanyiin pas upacara bendera di sekolah dulu😀.
Prittttt….. kick off dah dimulai. Tim Indonesia langsung bermain dengan tempo cepat menghadapi Arab Saudi. Terbukti di menit-menit awal tim Indonesia mengancam gawang Arab dan hampir terjadi gol bagi tim Indonesia. Ehhh,,, tapi kita malah kecolongan duluan lewat sundulan pemain Arab yang berhasil mencetak gol. Emang harus kita akuin pemain-pemain kita dari segi fisik kalah jauh sama pemain Arab, udah badannya gede-gede, loncatannya tinggi-tinggi pula itu. 1-0 buat Arab Saudi. Tapi keunggulan itu tidak bertahan lama, pemain Indonesia berhasil mengecoh kiper Arab dan mengejar ketinggalan menjadi 1-1. Suasana stadion langsung bergemuruh dengan teriakan suporter Indonesia termasuk gw sendiri yang loncat2 kegirangan.

Dari segi teknik kayanya tim Indonesia meningkat nih, dari pertahanan juga lumayan berhasil menghadang pemain-pemain Arab yang coba menyerang. Oh ya, karena gw nonton dari tribun atas, jadinya bisa keliatan dengan jelas permainan di lapangan. Terutama jika pemain yang mendapat bola terlalu lama menahan bola padahal di sisi kanan/kiri lapangan udah ada pemain lain yang bebas dan pemain yang mendapat bola ini tidak mengoper ke sana, hilang deh kesempatan untuk menyerang.
Dan sepertinya dalam pertandingan kemarin Indonesia banyak dirugikan sama wasit yang memimpin pertandingan nih. Sedikit2 pelanggaran, dan  wasit  sering banget ngasih kartu kuning buat pemain Indonesia, padahal kalo pemain Arab yang melakukan pelanggaran wasitnya malah ngelanjutin pertandingan terus. Suporter dah mulai panas nih dan mulai menghujat wasit dengan teriakan-teriakan yang dijadiin nyanyian, contohya wasit gob*** atau wasit be**. Gw sih ga ikut2 nyanyi, malu juga kan soalnya presiden yang nonton pasti mendengar juga. Belakangan gw baru tau kalo wasitnya sama-sama dari negara Arab. Kayaknya AFC mesti mikirin ulang nih soal pemilihan wasit.
Sampai babak kedua dimulai dan waktu injury time kedudukan masih tetap imbang. Sebenernya Indonesia diuntungkan walaupun hasil dari pertandingan ini berakhir seri soalnya kan Indonesia dah ngumpulin poin 3 dari pertandingan sebelumnya melawan Bahrain. Tapi ketika 3 menit waktu injury time, tim Arab mendapatkan tendangan bebas dan yang melakukan tendangan memberikan umpan lambung ke kotak penalti dan langsung disambut dengan sundulan pemain Arab yang mengakibatkan gol ke gawang Indonesia. Tragis!
Ga beberapa setelah itu peluit panjang berbunyi dari wasit yang menandakan pertandingan telah berakhir. Pemain Indonesia langsung duduk lemas di lapangan, beda denga pemain Arab yang langsung berkumpul kegirangan sambil berpelukan.

Semua penonton pasti kecewa banget! Hanya dalam hitungan menit indonesia akan mendapatkan tambahan 1 poin eh, semua harus pupus deh harapannya.
Kita setelah berfoto-foto di dalam stadion dan di bawah papan skor langsung meninggalkan stadion. Jalan keluar stadion ramai banget, dipenuhi sama puluhan ribu penonton yang mau pulang, bahkan di Jalan Jendral Sudirman ruas jalan paling kiri hampir ditutupi sama penonton dan suporter saking ramainya. Untung semua pada tertib, ga sampai bikin kerusuhan. Biasanya kan suporter Indonesia paling ga bisa nerima kekalahan, ya ujung2nya diluapkan dengan bikin kerusuhan deh.
Nah, saat itu kami bertiga deh yang lagi kebingungan. Soalnya jam udah menunjukkan pukul 22.00 dan kami khawatir tidak akan mendapatkan transportasi untuk pulang ke rumah, karena memang bus untuk ke Tangerang tidak ada yang beroperasi mulai jam 10 malam ke atas. Kami nunggu aja di sana, mana udah laper banget lagi karena blom makan mulai dari siang, blom lagi capeknya…
Karena memang tidak ada lagi harapan untuk bus yang menuju tangerang akhirnya kami putuskan untuk naik bus yang ke arah ciledug, dan untung masih ada yang beroperasi padahal jam udah nunjukkin pukul 23.30!
Lega banget akhirnya bisa dapat juga. Setelah sekitar 1 jam perjalanan akhirnya kita sampai di ciledug dan dari ciledug naik angkot ke cikokol. Di cikokol mampir sebentar buat makan, langsung aja gw santap tuh pecel lele + air jeruk hangat. Enak bener perasaaan gw dengan perut yang udah kenyang itu. Ya udah terus kita naik angkot sampai ke rumah. Gw waktu itu nyampe rumah dah jam 01.30 pagi! Dan gw sempatin buat mandi dulu, soalnya badan gw pasti dah kotor banget sama keringat dan debu/asap segala macam selama di jakarta mulai dari jam 13.00. Jam 2 pagi selesai mandi abis itu nonton tv sebentar, dan kira2 jam 2.45 gw langsung deh ke tempat tidur. Gila enak bener tidur pagi itu!!! Paginya gw bangun dengan badan yang dah seger dan rasa capek dah berkurang banget.

Rencananya sih gw sama temen2 yang lain juga pengen nonton Indonesia vs Korea Selatan hari Selasa ini. Mengingat ini adalah pertandingan hidup mati bagi kedua tim, siapa yang menang akan lanjut ke babak berikutnya dan siapa yang kalah akan tersingkir. Dukung terus tim Indonesia. Ini Kandang Kita!

2 Comments »

RSS feed for comments on this post.

  1. wah…. nonton langsung ya… mana foto-foto serunya? besok pas lawan korsel jangan lupa ambil gambar yang banyak. aku minta, hehe..

    lihat tulisanku ni..

    http://tuwloh.blogspot.com/2007/07/indonesia-menang-euyy.html

  2. sayang ya, indonesia kalah lagi lawan korsel kemarin.oh ya, foto-fotonya nyusul diupload di album saya. tp mungkin kebanyakan hanya foto-foto narsis saja he..he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: