Menafsirkan ayat Alkitab

July 5, 2007 at 1:31 am | Posted in Curhat | Leave a comment

Beberapa waktu terakhir ini sepertinya banyak ayat alkitab yang gw dapat dari sms yang dikirim sama teman dan kakak gw. Kalo dari kakak gw sebenarnya dia dah dari lama ngirim2 ayat alkitab ke gw, katanya dia mendapatkannya secara gratis setiap hari. Kalo dari teman biasanya hari minggu ada aja yang ngirim ke gw. Tapi baru kali ini gw rajin membaca alkitab setiap mendapat sms itu, he…he.. biasanya setiap gw dapat sms itu, setelah gw baca ya gw biarin aja. Tanpa ada usaha untuk mencari tau artinya. Gw hanya menjelaskan 3 di antaranya.

Dimulai dari waktu uas kemarin, si etha ngirim sms malam2 isinya tentang bahwa masa depan sungguh ada (Amsal 23:18). Memang sih menurut gw ga ada hubungannya antara ayat itu (khususnya untuk kata masa depan) dengan uas, tapi kata-kata "dan harapanmu tidak akan hilang" bagus juga nih untuk direnungkan.
Terus waktu gw mau presentasi proyek akhir semester tempo lalu. Malamnya gw ngirim sms ke teman buat minta dukungan, teman2 gw membalas sms gw dengan memberikan dukungan2 buat gw, wah.. bersyukur banget gw. Tapi ada satu sms yang membuat gw terkesan, isinya selain dukungan ada juga ayat alkitabnya. Ga tau deh yang membuat gw terkesan itu, sms-nya atau orangnya he..he… Sms itu dikirim pagi-pagi pas gw dah mau sarapan. Sebenernya gw udah membacanya sebelum sarapan, tapi ayat alkitab yang dikasih itu blum gw baca karena gw buru2 untuk sarapan. Sehabis sarapan, maksudnya gw udah mau berangkat ke ruang presentasi, tapi gw penasaran nih isi ayat alkitab yang dikirim itu apa. Ya udah, gw buka aja alkitab yang ada di kamar gw, dan gw membaca kitab Mazmur 37:5.

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak.

Wow, keren banget! Makanya beberapa saat sebelum presentasi, gw ngajak 2 orang temen satu kelompok gw yang lain, Debora dan Eka untuk berdoa biar semuanya berjalan dengan lancar. Yah, kenyataannya memang berjalan dengan lancar🙂.
Berikutnya waktu tanggal 30 Juni kemarin, waktu gw lagi di lab komputer malam2, tiba2 datang sms yang ga jelas siapa pengirimnya (hanya keliatan nomornya aja). Isinya singkat bener, "Kidung agung 6:8". Wah, apaan sih ini! Langsung aja deh gw buka software Alkitab yang terinstall di pc gw. Ini isi dari ayat itu:

Permaisuri ada enam puluh, selir delapan puluh, dan dara-dara tak terbilang banyaknya.

Wah, bukannya makin mengerti artinya gw malah makin bingung😀. Sehabis jam lab selesai, gw menanyakan artinya sama temen2 asrama yang lain. Mereka memberikan beberapa penjelasan, tapi blum ada yang bikin gw mengerti dengan penjelasan yang mereka berikan. Gw juga sempat berkata sama teman gw, ‘wah, keren juga ya ayat alkitab ini, seperti memecahkan teka-teki saja’ he..he..
Gw nanya ke orang yang ngirim sms itu, eh dia malah nanya balik ke gw. Sampai pada akhirnya semua berubah menjadi kejutan yang tidak gw duga-duga(ya iyalah, mana ada kejutan yang sudah diduga sebelumnya :D). Orang itu menyatakan rasa sayang sama gw, dan kejutan kedua, dia juga memberitahu identitasnya. Bener2 bikin gw bertanya2 waktu itu (terutama karena orangnya), tapi sekarang gw mengerti dan gw menghargai apa yang dia lakukan waktu itu. Gw menerima rasa sayangnya, tetapi hanya sebagai sahabat, tidak yang lain. Gw harap dia juga bisa menerimanya.
Terakhir dia bilang salah ngirim ayat, maksudnya adalah Kidung agung 8:6.

Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!

Nah, kalo dari ayat ini, tanpa menanyakan ke teman2 yang lain, gw sendiri sepertinya udah cukup mengerti maknanya kok.
Yang terakhir, sebenarnya gak gw dapat dari sms, atau dari teman. Tapi gw tidak sengaja mendapatkannya lewat blog teman gw. Ayat ini merupakan ayat favorit dari seseorang, begini isinya:
Filipi 4:16

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Maknanya mirip2 dengan Mazmur 37:5 yang diberikan oleh seseorang ke gw dan yang udah gw tulis di atas. Dan memang ada suatu kesamaan, karena orangnya sama😀
Sepertinya dia memang senang banget dengan ayat ini. Oh ya, dia juga orangnya religius yang sepertinya dah biasa membaca alkitab dan mengartikannya. Beda banget sama gw yang membacanya aja kadang males apalagi mengartikannya….
Tapi sekarang sepertinya dah ada ketertarikan untuk mencari tau makna dari setiap ayat alkitab yang gw baca. Mungkin gw bisa meminta bantuan dari orang lain(teman, kakak, pendeta, dsb) untuk memberikan penjelasan, namun dari software alkitab yang gw punya pun gw rasa bisa membantu juga. Soalnya di software itu ada pilihan untuk mengubah bahasa yang tertulis di alkitab yang kita kenal (terjemahan resmi) menjadi bahasa sehari-hari yang lebih mudah dimengerti karena sudah disederhanakan.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

