[Review Buku] Kisah Sukses Google

May 13, 2007 at 5:44 am | Posted in Uncategorized | 2 Comments
Tags:

Selesai juga gw baca buku ini setelah sekitar 1 minggu gw pinjam. Gw minjam buku ini dari dosen gw, Pak Gandhi. Kebetulan di forum internal kampus, beliau menawarkan buku itu untuk dipinjamkan. Sebenernya udah lumayan lama juga tahu tentang buku tsb. Soalnya dosen gw itu pernah nulis review tentang buku ini di situs multiply-nya kalo ga salah. Dan juga beberapa waktu yang lalu pengarang buku ini, David A. Vise datang ke Indonesia khusus untuk memberikan seminar tentang buku ini.

Buku ini cerita banyak banget tentan google. Dimulai dari cerita tentang pertemuan 2 org pendiri google, Larry Page dan Sergey Brin pada saat mereka mengambil studi doktor di Stanford University. Mereka mulai mengembangkan google berawal dari ide Larry Page bahwa ia dapat mendownload seluruh isi web hanya dalam waktu 2 minggu, jelas orang-orang menganggap bahwa itu sebuah lelucon yang bagus. Setahun kemudian Larry Page berkata bahwa ia baru mendownload setengah isi dari web.

Kemudian di buku ini ditulis juga kultur di kantor google, orang-orang yang bekerja di google menganggap kantor tidak lebih sebagai tempat bermain daripada tempat bekerja. Di googleplex -sebutan untuk kantor google- semua fasilitas disediakan. Mulai dari tempat bermain, salon, spa, tempat pijat, snack, dll. Bahkan google juga mempekerjakan koki khusus untuk memasak makanan bagi para karyawan google. Mottonya yang “Don’t Be Evil” telah menjadikan google berbeda dengan perusahaan lain.

Sekarang google telah menjadi fenomena di dunia TI. Padahal umurnya baru sekitar 8 tahun tetapi kekayaan perusahaan ini sangat luar biasa. Dengan harga saham lebih dari US$300, aset google mencapat US$76 Miliar, menjadikannya lebih kaya dari negara-negara kecil. Google pun telah berubah dari kata benda menjadi kata kerja. Di kamus oxford, kata google diartikan sebagai “to search using google.com”. Hampir tidak ada yang tidak dapat dicari oleh google, hanya dengan memasukkan kata kunci maka kita mendapatkan apa yang kita mau. Hasil pencariannya sangat akurat, dan yang paling terpenting dari semuanya adalah satu kata, GRATIS.

Apa yang menyebabkan google begitu kaya? Ternyata pemasukkan terbesar google berasal dari iklan. Pada saat kita mencari sesuatu di google, maka google akan menampilkan iklan berupa teks di sebelah kanan yang berhubungan dengan pencarian. Dengan ratusan juta pencarian setiap hari, dimana jutaan orang mengklik satu iklan, maka perusahaan iklan tersebut akan membayar sebanyak 50 sen dollar sampai 5 dollar per klik kepada google. Hitung sendiri berapa keuntungan yang didapat google dalam 1 hari. Google adalah mesin uang raksasa, bahkan ketika karyawan google tidur sekalipun, uang akan tetap mengalir ke kas perusahaan. FYI, kedua pendiri google masih berumur 30-an tapi dah memiliki kekayaan minimal US$ 10 Miliar!

Berbagai macam permasalahan google juga ditulis di buku ini. Mulai dari pelanggaran privasi, ketika google meluncurkan GMail, dimana google akan men-scan isi e-mail yang masuk untuk menampilkan iklan yang berkaitan dengan isi e-mail. Kemudian, protes dari perusahaan iklan, karena iklannya di-klik secara tidak wajar tapi tidak ada satupun dari klik tersebut berujung pada sebuah transaksi. Dan yang paling sengit adalah persaingan antara Microsoft dan Google. Pada saat itu google ingin membuka cabang riset dan pengembangan di Cina. Ketika mengetahui kabar itu, seorang eksekutif Microsoft di Cina ternyata memutuskan untuk mengundurkan diri dan memilih bergabung dengan google. Tentu saja microsoft marah akan hal ini, dan mengatakan bahwa google dipimpin oleh seorang amatir yang tidak mengerti tentang kontrak kerja. But, the show must go on.

Bagian lain dari buku ini bercerita tentang keputusan google untuk Go Public, hubungan antara Google dan april mop (entah kebetulan atau memang disengaja, bab ini ada di bab 14, semacam petunjuk untuk tanggal 1 April), layanan google yang lain, google doodle (gambar logo google yang telah dimodifikasi pada tanggal tertentu), sindrom cina, ambisi google untuk mengindeks jutaan buku di universitas terkenal, dan bab terakhir adalah ambisi google untuk memetakan gen manusia. Dan dicantumkan juga lampiran mengenai 23 Tips dan Trik pencarian di google, dan GLAP(Google Lab Aptitude Test), semacam simulasi test masuk untuk menjadi seorang pekerja di google. Isi GLAP rata-rata tentang logika dan matematika, dan sepertinya memang sulit. Teringat satu kalimat yang ada di buku google, “Bicara tentang google berarti bicara tentang matematika”.

Demikianlah review gw tentang buku google ini. Thanks to Pak Gandhi yang dah mau minjemin bukunya. Banyak banget pelajaran berharga yang bisa diambil dari buku ini. Kalo kita mau sukses seperti google, paling tidak kita harus mengetahui apa-apa aja di balik google. Salah satu caranya ya dengan membaca buku ini.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post.

  1. Weh belum baca gw. Haha blom beli n blom ada yg minjemin.

  2. @alid abdul:
    cepetan deh baca buku ini! dijamin gak nyesel dan jadi lebih tahu google…

    *mode promosi on*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: