Napak Tilas Perjalanan DR.I.L Nommensen

April 8, 2007 at 7:44 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Acara yang diadakan untuk mengenang perjalanan Nommensen di tanah batak diadakan pada tanggal 5-8 April 2007 ini berpusat di Gereja HKBP I.L Nommensen Sigumpar. FYI, di belakang gereja tersebut juga terdapat makam dari Nommensen itu.

As you know, Nommensen terkenal banget di kalangan orang Tapanuli, karena kemurahan hatinya yang berani berjuang sendiri untuk menyebarkan ajaran Kristen di tanah batak. Padahal dia tuh berasal dari Jerman, dan dulu lagi santer-santernya kalo di suatu bagian di negeri ini ada sekumpulan manusia yang katanya doyan makan sesamanya a.k.a kanibal. Dan itu memang bener, dulu katanya orang batak pernah makan daging temennya sendiri.

Dari yang gw baca-baca di spanduk, perjalanan Nommensen tuh dimulai dari Tampahan, Humbang Hasundutan, gw ga tau nih di daerah mana soalnya blom pernah. Terus dia juga pernah ke Tarutung, nah kalo ini gw tau dan pernah ke sana. Di Tarutung juga ada tempat wisata Salib Kasih (cek foto di FS gw), dimana waktu dulu itu adalah tempat si Nommensen berdoa di atas bukit Siatas Barita. Terus terakhir adalah di Sigumpar, kira-kira 500 meter dari kampus gw. Di daerah itulah Nommensen menghabiskan hidupnya, oleh karena itu makam Nommensen dibuat di sini juga, tepatnya di belakang gereja.

Sayangnya gw ga ngikutin acaranya karena pada tanggal itu gw lagi balik ke Siantar. Dan ketika gw dalam perjalanan pulang, di sepanjang jalan menuju gereja ramai banget. Kebetulan hari itu udah sore, jadi mungkin orang-orang dah pada mau pulang. Dan karena hari ini bertepatan dengan hari paskah, sepertinya perayaannya digabung makanya jadi ramai.

Di sepanjang jalan menuju gereja juga banyak banget karangan bunga berjejer. Dan dari yang gw liat, beberapa pejabat juga hadir di situ. Diantaranya, Rudolf Pardede (Gubernur Sumatera Utara), terus Agung Laksono (Ketua DPR-RI juga hadir), TB Silalahi juga kayaknya gw liat tadi di karangan bunga.

Ya udah deh, untuk berita lebih jelasnya bisa liat link di bawah ini, soalnya gw kayaknya kurang berpengalaman buat nulis blog bergaya jurnalistik gitu, he..he.

link terkait:

http://bataknews.wordpress.com/2007/04/08/sambut-ketua-dpr-di-hari-minggu-pelajar-di-balige-diwajibkan-pakai-seragam/
http://www.medanbisnisonline.com/rubrik.php?p=86519&more=1
http://hariansib.com/news/2007/04/08/mewarisi-nilai-nilai-luhur-dr-il-nommensen-dalam-kesehatan-pemkab-tobasa-bantu-masyarakat-melalui-jpkm/
based on searching in Google.com

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

