Posting dari Linux neehh…

March 31, 2007 at 7:41 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Yup, dengan menggunakan browser Mozilla Firefox versi jadul (bayangin, masih make versi 1.0, preview release pula) dan sistem operasi Linux Fedora Core 3 (yang terbaru udah versi 6), gw merasakan juga posting blog / browsing internet menggunakan linux.

Sebenernya kenal linux dah lama, kira-kira sama waktunya dengan kenal komputer dan PC, tapi baru kali ini kesampaian nginstallnya di PC gw, soalnya dulu gw masih takut makai linux, katanya sih susah dan ga se-user friendly Windowsnya Microsoft.

Wew, banyak banget yang mesti gw eksplor ketika menggunakan sisop ini, dan memang sih ga segampang Windows makainya. Contohnya, untuk mengakses cd-rom ga bisa cuma masukkin cdnya terus liat isinya. Pertama kita mesti mount dulu device-nya (soalnya linux menganggap bahwa hardware itu adalah file juga), baru bisa diliat isi cd-nya. Terus, linux mengganggap bahwa cd-rom itu beda dengan cd-recorder (CD-RW)…

Contoh lainnya yaitu waktu nginstall aplikasi ke linux, kita ga bisa nginstall software seenak di Windows, yang cuma dobel klik file .exenya trus langsung otomatis diinstall. Kita mesti masuk ke terminal dulu (mirip-mirip DOS gitu deh…), baru bisa nginstall aplikasi tersebut.

Tapi, ada juga nih rencana gw buat mempertahankan linux di PC gw untuk hari-hari berikutnya. Mungkin juga gw bakalan nginstall linux sebagai sisop alternatif di laptop gw, dan mencoba distro-distro linux yang lainnya. Itu karena linux identik dengan manajemen server/jaringan komputer –> jurusan yang rencananya gw ambil di tingkat 3 nanti.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

