Opera vs Firefox

January 31, 2007 at 10:21 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Bukan…, gw bukannya mau nulis perbandingan di antara keduanya dalam hal kelebihan/kekurangan masing2 browser. Tapi gw cuma pengen membandingkannya ketika gw nulis blog.

Selama ini gw kalo mau nulis blog (Friendster Blog), gw make Opera. Nah di situ, jika gw pingin memformat suatu tulisan biar tulisannya itu jadi huruf tebal/miring, atau mau nambahin image, gw mesti melakukannya secara manual, artinya gw mesti nulis script HTMLnya sendiri.

Nah, kalo di Firefox, semuanya itu jadi lebih mudah. Soalnya kalo nulis blog make Firefox, ketika kita mengklik button untuk memformat tulisan, maka hasilnya akan langsung keliatan. Mis: kita mengklik button untuk menebalkan huruf, nanti huruf yang kita tebalkan itu langsung keliatan di browsernya, tanpa perlu dipreview dulu.

Masalahnya, gw baru tau perbedaan itu kemarin. Dan ketika make Firefox, tampilannya sedikit berbeda dengan Opera, karena di FF ada beberapa button tambahan yang di Opera ga ada. Mis: button untuk membuat huruf warna-warni, check-spelling button, quote button, dan button untuk memperbesar ukuran  huruf/tulisan.

Memang si dengan mode WYSIWYG itu, semua dibuat menjadi lebih mudah, khususnya bagi orang yang belum terlalu paham dengan script HTML. Nah.. tapi lain masalahnya jika kita ingin mengkustomisasi sesuka hati kita, kita ga mau terbatas hanya dengan apa yang disediakan. Sayangnya ketika kita post memakai FF, tidak disediakan untuk ngepost secara manual/tanpa mode WYSIWYG, seperti yang gw lakukan sekarang ini, gw ngepost dengan mode WYSIWYG-nya FF.

Sebenernya banyak loh keuntungan ngepost dengan mode manual, kita jadi bebas mengkustomisasi tampilan postingan kita, mis: kita bebas mengatur alignment, terus bisa nambahin script abbr buat mendefinisikan suatu singkatan, dan juga bisa ngingat2 lagi script HTML yang dipelajari waktu semester 1 kemarin. Sedikit repot sih, tapi ga papa lah, sekalian belajar juga.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

