Cerita tentang sebuah blog

December 13, 2006 at 6:43 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Hari ini gw dikasi alamat blog baru oleh teman gw. Tidak lain dan tidak bukan alamat blog tersebut adalah blog dosen gw dulu yang sekarang sedang melanjutkan studinya di Belanda. OK, malam ini gw langsung buka alamat tersebut, dan tanpa babibu gw langsung membaca dari postingan pertama yang pernah dibuat sampai yang terakhir diupdate. Untungnya blog tersebut baru dibuat bulan September yang lalu, jadi ga terlalu banyak juga.

Kalau gw ingat tentang dosen tersebut, gw kembali mengingat waktu dia masih di kampus gw, gw ingat cara dia mengajar di depan kelas. FYI, dia salah satu dosen favorit gw, karena dia berbeda cara mengajarnya dengan dosen lain (tapi, setiap orang memang berbeda bukan?). Yang gw tangkap, dia tidak hanya mentransfer ilmunya kepada mahasiswa sehingga mahasiswa tersebut mengerti dengan yang diajarkannya. Tapi dia juga memberikan sentuhan motivasi untuk anak didiknya. Gw inget di setiap modul yang dia berikan untuk di laboratorium, di akhir modul selalu diberikan quotes dari orang2 terkenal yang memotivasi. Begitu juga dengan setiap dia mengajar di kelas, kadang2 dia bercerita tentang sesuatu yang sekaligus memberikan motivasi bagi mahasiwa-nya. Beruntung sekali gw pernah diajari oleh dia.

Momen yang paling gw ingat adalah waktu dosen gw ini menjadi supervisor dalam Proyek Akhir Pertama gw. Lagi2 banyak banget motivasi yg dia berikan kepada gw dan teman2 gw dalam satu proyek. Dia juga memarahi kita jika kita tidak melakukan apa yang dia minta secara baik. Namun jika kita menyelesaikan suatu fase dengan baik, tentu kami diberikan apresiasi yang menyenangkan kami walaupun hanya dalam bentuk kata-kata.

Terus setelah gw baca blog-nya, gw makin salut sama beliau. Karena lewat tulisannya tersebut, kurasakan juga motivasi2 yang ia berikan seperti dia berbicara langsung kepada mahasiswanya dulu. Salut sekali, jarang aku menemukan orang seperti beliau.

Akhirnya bertambah lagi deh satu link favoritku. Dan pastinya akan segera ku bookmark blognya beliau, dan juga aku akan berlangganan RSS Feeds-nya.

quote dari blog beliau:

Aku bilang, “kalian ga bisa ngubah cara dosen kalian ngajar, kalian bisa aja malas2an, tapi satu yang pasti kalau itu kuliah wajib buat kalian so suka atau tidak kalian akan ujian untuk lulus. So, terima aja kondisinya, diri kalian sendirilah yang kalian atur, never blame others.” Well, it is speaking to me now.

PS: Sayang fitur untuk memberikan komentar sepertinya ditutup oleh beliau, padahal sebuah blog tanpa komentar seperti sayur tanpa garam, kayak ada yang kurang.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

