Windows Vista Beta 2 Review

October 24, 2006 at 2:43 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Bermula ketika gw di kios koran dan majalah, awal bulan Agustus lalu. Gw lagi ngeliat-liat majalah sama tabloid komputer yang pengen gw “konsumsi”, soalnya selama gw di sini (Sumut), gw cuma bisa membaca tabloid dan majalah komputer di perpustakaan di kampus aja, itupun datangnya sering telat, mungkin karena di daerah terpencil. Waktu itu mata gw menjerit melihat majalah CHIP di jajaran majalah lainnya, CHIP Indonesia Magazine bundled with Microsoft Windows Vista Beta 2 coy!!!Wow, I know it is very rare edition, and that’s right. That edition is the first and the only one in South East Asia, and I have a chance to feel that very special and rare edition. Waktu itu langsung gw ambil majalahnya, dan seketika itu juga, banyak banget pertanyaan2 yang muncul di kepala gw. Gw pengen ngerasain Windows Vista secara langsung, ini pengalaman pertama gw, dan gw ga mau menyia-nyiakannya. Tapi di saat yang sama, gw juga sudah megang tabloid PCPlus sama majalah KomputerAktif!, bingung nih jadinya, mau milih yang mana. Gw bisa aja ngambil ketiga item sekaligus waktu itu, tapi dompet gw bakal jebol juga nih. Majalah CHIP sendiri aja harganya udah Rp.50000 perak! Lebih mahal dari edisi biasa, karena selain DVD Windows Vista, DVD reguler juga disertakan, jadi ada 2 keping DVD di edisi Juli itu, tambah lagi buklet tentang Windows Vista setebal 20 halaman full color. Waktu itu gw perginya bareng temen, dan kios itu udah menjadi langganan teman gw itu karena di kios itu biasanya harga setiap koran/majalah yang dijual bisa lebih murah dari harga yang tertera di cover. Nah setelah gw tanya ke temen gw itu, kira2 kalo gw ngambil majalah CHIP ini harganya jadi berapa ya? Kata temen gw, tanya aja langsung sama penjaga kiosnya. Ya udah gw nanya ke penjaga kiosnya, dan penjaga kiosnya bilang, “ya udah, majalahnya 40 ribu aja”. Asyik… berarti kena diskon 10 ribu nih, waw senangnya, gede banget tuh diskonnya, gw ga pernah dapet diskon selama beli majalah atau tabloid komputer. Apalagi ini edisi spesial. Akhirnya gw ambil deh majalah CHIP sama KomputerAktif! hu..hu.. jebol juga dompet gw dalam satu hari itu hanya untuk beli majalah. Eits, tapi puasnya itu gw juga dapet, bisa menikmati pengalaman ber-Windows Vista, walaupun cuma beta. Kan ga semua orang yang punya PC yang bisa ngerasain ini, Windows Vista original bok! Inilah pengalaman kedua gw memakai sisop Windows yang halal, setelah di laptop gw juga udah terinstall Windows XP Home Edition yang original.

Eh, tapi gw ga langsung install di PC gw yang ada di rumah, walaupun hardisk yang free masih sangat banyak (bokap gw baru beli HDD, 0.32 TB man!!!). Gw simpen aja.
Sampai saatnya gw udah balik lagi ke kampus, senangnya begitu gw liat di perpustakaan majalah CHIP edisi Vista ini belum nongol, padahal waktu itu udah pertengahan bulan Agustus. Lagipula kalo udah nongol pun ga berguna deh buat mahasiswa, soalnya mahasiswa ga bakal dibolehin minjem DVD-nya, mana PC di perpustakaan blom make DVD-ROM lagi.., mubazir banget yach..??
Tiba waktunya gw memutuskan buat menginstall Vista di laptop gw sebagai eksperimen, lancarkah jalannya Vista di laptop gw ini?
Langsung aja gw melakukan tindakan yang bisa dibilang ilegal di kampus gw, yaitu menggunakan laptop di asrama. Sebelum menginstall Vista, gw menginstall ulang Windows XP bawaan laptop, kemudian menginstall Vista di partisi yang kedua.
Lama penginstallan kira-kira 2 jam-an, dan mirip-mirip nginstall XP, mudah karena dibuat langkah-langkahnya.
Setelah selesai semua diinstall, waktunya untuk memakai Windows Vista untuk pertama kali. Decak kagum sering kuungkapkan, bagaimana tidak, sisi grafis Windows terbaru ini sangat mengagumkan, tampilan visualnya sangat bagus. Untung aja, VGA bawaan laptop gw udah mendukung WDDM(Windows Display Driver Model), sehingga gw bisa ngerasain tampilan grafis yang sesungguhnya yang ditawarkan oleh Vista. AERO juga berjalan dengan mulus, sehingga gw bisa melihat tampilan seperti plastik dan tembus pandang (untuk lebih jelas bisa liat di screenshoot). Transisi ketika me-minimize window pun halus, berbeda dengan windows XP. Pokoknya mata kita amat dimanjakan dengan interface dari windows Vista ini, apalagi jika monitor komputer kita monitor LCD, pasti betah deh memandang Windows Vista lama-lama. Ketika pertama kali nyoba, driver sound card laptop gw ga langsung didukung oleh Vista, jadinya selama percobaan gw ga bisa mendengar suara. Tapi setelah gw menginstall drivernya, ternyata ga ada yang istimewa, soalnya suara2 system di Vista Beta 2 ini sama persis dengan Windows XP. Gw kirain udah langsung ditambah gitu suara untuk sistem Windows Vista.

Memang dengan fitur-fitur baru itulah Windows Vista butuh spesifikasi sistem yang tinggi. Makanya di laptop gw jadi agak lambat jalannya, soalnya RAM gw cuma 256 MB, sepertinya RAM minimal adalah 512 MB, dan direkomendasikan 1 GB. Dan menurut gw bottleneck terjadi di RAM, soalnya prosesor laptop gw sepertinya udah memenuhi persyaratan minimal, yaitu Intel Centrino Duo @ 1.66 Ghz. Untuk desktop disarankan juga memakai prosesor Core Duo. Terus untuk merasakan kualitas grafis yang bagus, mesti yang sesuai dengan WDDM-nya Windows Vista. Karena VGA laptop gw udah bisa (ATI Radeon X1300), maka gw berkesimpulan bahwa VGA dengan chipset ATI Radeon 1K series udah support WDDM.

Setelah 2 bulan ini di laptop gw tertanam Windows Vista, gw berencana untuk memformat partisi yang digunakan untuk menginstall Windows Vista, agar ruang penyimpanan gw lebih lega lagi. Tapi, gw baru melihat beritanya tadi di CHIP Indonesia Forum, kalo untuk edisi Oktober ini, CHIP akan mengulang hal yang sama pada edisi Juli. CHIP lagi-lagi membundel majalahnya dengan Windows Vista, tapi kali ini yang dibundel adalah Microsoft Windows Vista RC1. Wadefak!!! Walaupun sekarang RC2 udah keluar dan sepertinya RC2 ini adalah versi RC terakhir sebelum versi finalnya keluar bulan Januari 2007 nanti untuk publik, gw jadi pengen mencoba lagi nih, seperti apa sih rasanya Windows Vista RC1 ini? Yang katanya adalah Release Candidate, yaitu bahwa versi ini merupakan versi yang fitur2nya akan sama dengan versi finalnya, dan lebih banyak perbaikan dibanding dengan versi Beta 2. Sepertinya gw pengen mendapatkannya nih, di Siantar mudah-mudahan ada kios yang ngejual. Tapi gw juga udah berpikir untuk mesan aja lewat bokap untuk beliin di Tangerang, terus di kirim ke sini. Mengingat edisi ini juga edisi langka dan bersejarah (menurut gw).

Demikianlah review singkat dari gw, memang sangat singkat. Buat temen2 kampus yang pengen nyobain sendiri Windows Vista, bisa minjem DVD-nya ke gw. Biar bisa ngerasain sendiri bagaimana Windows Vista itu. Dan gw juga udah nyertain screenshot Windows Vista yang terinstall di laptop gw.













Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

