Berdamai dengan stres.

June 25, 2006 at 7:12 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags:

Beberapa hari yang lalu gw minjam buku dari perpustakaan. Gw minjam buku yang judulnya “Berdamai dengan Stres”. Buku ini merupakan terbitan dari Gramedia dan Penerbit KOMPAS. Apa sih isi bukunya? Gw baca-baca sejenak di perpustakaan dan ternyata isinya menarik. Buku ini merupakan kumpulan dari surat-surat yang dikirimkan ke suratkabar KOMPAS untuk rubrik psikologi. Penulis mengumpulkan surat-surat ini dengan rentang waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 16 tahun. Isinya ya memang seperti rubrik tanya jawab gitu, pengirim surat mencurahkan isi hati tentang berbagai macam masalah yang dialami oleh dirinya dalam hidup, tapi sering juga ada orangtua atau saudara yang menceritakan masalah anak/temannya. Tema masalah yang diangkat bermacam-macam, dan merupakan masalah yang “seram”. Gw kasih contohnya ya… misalnya masalah kehidupan gay, siksaan batin orang yang pernah disodomi, fobia, bulimia, skizofrenia, oedipus kompleks, obsesif kompulsif, gangguan jiwa, cacat mental, dan segala macam. Pokoknya setelah membaca buku ini, pikiran gw lebih terbuka, dan mendapatkan banyak hal baru yang selama ini belum gw ketahui. Selain itu ternyata di dunia ini banyak orang yang mempunyai masalah yang lebih besar dari gw, dan mendapatkan pelajaran bahwa masalah-masalah yang kadang gw alami belum seberapa dibanding orang-orang yang ada di buku ini. Mungkin kalian bingung tentang tema yang gw tulis di atas seperti skizofrenia, dll. Gw juga baru tahu definisi dari masing-masing istilah itu, dan menambah wawasan gw juga. Satu hal yang bisa gw nilai, bahwa Ibu Leila Ch Budiman, psikolog yang menjawab semua pertanyaan di buku ini, memberikan solusi dengan tepat. Ia seakan-akan bisa ikut merasakan penderitaan yang dialami “pasiennya”, gw aja yang membaca solusi-solusi darinya bisa ngeliat kalo Ibu Leila ini baik banget, perhatian, dan menjawab dengan hatinya, pokoknya top banget deh…

Di antara topik-topik yang diangkat, gw paling suka dengan topik penderita skizofrenia, menurut wikipedia, skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamine, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra). Uniknya di buku ini juga menampilkan surat yang berasal dari penderita skizofrenia sendiri yang sekarang sudah sembuh. Bahkan ia dapat menyelesaikan pendidikan tingginya di PTN Terkenal, ITB. Ini berarti para penderita skizofrenia masih ada harapan untuk sembuh, asalkan segera ditangani oleh psikiater atau ahli lainnya.

Hmm, tapi gw juga pengen menuangkan unek-unek gw juga nih. Pas gw minjam buku ini dan membacanya di kamar asrama, teman-teman gw yang melihat dan tahu apa yang gw baca langsung menyindir gw. Kebetulan waktu itu gw lagi membaca surat yang ditulis oleh seorang GAY. Taulah tanggapan mereka langsung macam-macam, ada yang bilang bahwa bacaan gw ngeri, ada yang ga beres, dll. Gw sedih banget, soalnya mereka langsung ngomong begitu aja, tanpa membaca dulu, apalagi berpikir apa si isi buku itu. Gw sih diem aja dengan perasaan sedikit dongkol dan juga senang. Soalnya mereka ga mendapatkan wawasan baru seperti yang gw dapatkan. Memang sekarang belum terasa akibatnya, mungkin nanti. Misalnya orang-orang di sekitar kita sedang membicarakan tentang topik yang aneh-aneh, seperti obsesif kompulsif, oedipus kompleks, pedofilia, hipokhondria, dll, kan ga seru di tengah-tengah orang itu cuma kita yang ga ngerti, bisa-bisa kita dianggap ga punya wawasan luas, gawat tuh. Beruntunglah gw udah baca buku ini, dan gw saranin sih baca buku ini bagi yang belum, bermanfaat kok….

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: