Secara gw gaul gitu loh…

June 9, 2007 at 6:28 am | Posted in Fun | 4 Comments
Tags: ,

Sori, tulisan ini mungkin tulisan paling basbang yang pernah gw tulis. Akhir-akhir ini gw banyak melihat/membaca tentang penggunaan kata baru di entah koran, atau majalah, dan juga dari blog orang lain. Dan kata baru itu adalah kata pertama yang ada di judul postingan ini. Oh ya? Masa sih kata ‘secara’ bisa dibilang kata baru? Kayaknya dah sering dengar deh. Contoh : Metode jajak pendapat terhadap konsumen tentang penggunaan bahan tambahan dalam makanan dilakukan secara acak. Nah.. kalo diliat dari contoh itu, gw pun udah sering dengar dan gw mengerti arti dari kata tersebut, dan loe semua juga pasti dah pada ngerti kan??

Tapi coba liat dari contoh berikut ini : Waktu itu gw di rumah lagi sendirian, secara gw ga tau mau ngapain, gw nonton film yang baru gw beli dari mall tadi sore.
Atau contoh petikan wawancara berikut ini: Secara loe tuh artis terkenal, gimana sih cara loe ngatur waktu loe yang penuh dengan kesibukan syuting?

Dari contoh yang di awal tulisan dibandingkan dengan 2 contoh di atas, kerasa kan kalo artinya beda? Untuk arti kata ‘secara’ yang baru itu, gw belum mendapatkan arti yang resmi, soalnya belum gw liat dari kamus besar bahasa indonesia. Tapi dari tebak-tebakan gw, kata ‘secara’ tuh bisa diartikan sebagai ‘karena’, atau di lain kalimat artinya bisa juga jadi ‘dimana’. Terus gw kok merasa ada yang janggal ya waktu gw mendengar kata ‘secara’ yang baru itu, kayak ada yang aneh dan ga pas di telinga dan di mulut waktu diucapin.

Mungkin nanti ada temen gw yang nyorakin: “Wah, nar! payah loe ga gaul amat, itu kan kata gaul baru tau ga?” setelah gw menulis postingan ini.
Kata gaul? Gw rasa emang bener juga sih, soalnya dari yang gw baca, pasti kata ‘secara’ itu dipakai bersamaan dengan kata gw, loe, atau yang lainnya. Dan yang pake tuh biasanya masih anak-anak muda.
Trus kenapa gw bilang postingan ini basi banget? Soalnya, ternyata penggunaan kata ‘secara’ ini dah dari tahun lalu ‘diperkenalkan’. Entah siapa yang pertama kali memperkenalkan gw ga tau. Ada yang bilang seorang penyiar salah satu radio jakarta sering banget menggunakan kata ini, terus ada lagi katanya berawal dari film Badai Pasti Berlalu yang di-remake tempo lalu. Memang sih sepertinya kata ini masuk dalam kosakata bahasa indonesia, yang jaman dulu dipakai dalam penggunaan sehari-hari dan sekarang diangkat lagi ke permukaan.

Nah, kalo kata ini dianggap sebagai kata gaul, gw takut ini hanya jadi tren sesaat. Biar pengguna kata tersebut dianggap anak gaul, makanya dia pakai kata itu. Nanti kalo udah ga jadi tren, ya udah, ditinggalin lah dan ga dipake-pake lagi. Ternyata sekarang ga cuma rokok/narkoba aja yang dipakai sebagai alat pergaulan. Bahasa formal juga bisa lohhhhhhh. Manthabbbsss!

P.S: btw, gw belum akan menggunakan kata baru itu dalam penggunaan sehari-hari atau dalam postingan blog gw, secara gw masih mengganggap aneh dan belum pas aja didengernya. (nah lo…??!!). oia, judul gw itu terinspirasi dari rubrik bahasa di majalah tempo dengan judul yang sama.

About these ads

4 Comments »

RSS feed for comments on this post.

  1. Secara ???? @@#!@#!@ ???
    Aku jg ga setuju tuh Bonar :)
    Entah dari mana asal muasal penggunaan kata itu sebagai ‘because of’ ????
    G tau ntah dibawa kemana negara ini Jenderal Naga Bonar .. :)

  2. sama bang. aku juga sangsi apakah ‘tren’ ini bisa bertahan lama…

  3. semoga jangan bertahan :) tapi bagaimana yah, sebab banyak novelis muda Indonesia menggunakan kata ini hampir di setiap karya, dengan frekuensi yang lumayan tinggi :)
    Yah, paling tidak.. semoga kita ga terikut yah ? :)

  4. cwapexxxx dahhhhh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: